Bingung Cari Cara Menabung yang Efektif? Coba Yuk 5 Metode Ini (Ilustrasi Medcom.id)
Bingung Cari Cara Menabung yang Efektif? Coba Yuk 5 Metode Ini (Ilustrasi Medcom.id)

Bingung Cari Cara Menabung yang Efektif? Coba Yuk 5 Metode Ini

Muhammad Syahrul Ramadhan • 24 Desember 2021 17:41
Jakarta: Sebagian orang kesulitan membiasakan diri menabung. Salah satunya penyebabnya bingung atau tidak menemukan cara yang efektif.
 
Ada beberapa cara dan tips menabung efektif yang bisa kamu praktikkan sehari-hari loh! Kamu juga tidak perlu takut pos keuangan jadi berantakan karena hanya ada beberapa hal yang harus diubah agar tujuan menabung tercapai.

1. Segera sisihkan uang

Jangan tunda untuk menyisihkan uang setiap bulan. Segera sisihkan uang yang ingin ditabung ketika baru saja mendapat gaji bulanan. Dengan begitu uang tidak akan habis terpakai tanpa sempat menyisihkan untuk tabungan.

2. Menabung Rp10 ribu per hari

Cara menabung yang benar lainnya yang mudah dilakukan adalah menabung harian. Nominalnya pun nggak harus besar, kamu bisa mulai dari uang Rp10 ribu saja.
 
Caranya, setiap kamu mendapat lembaran Rp10 ribu, langsung disimpan atau dimasukkan ke celengan. Misalnya, dalam sehari kamu punya tiga lembar Rp10 ribu, nah seluruhnya harus masuk ke celengan. Dalam sebulan, kamu bisa dapat Rp900 ribu. Lumayan kan?

3. Ambil uang kertas nominal terkecil di dompet

Cara menabung yang benar selanjutnya cocok buat kamu yang suka menyimpan uang tunai di dompet. Cukup ambil uang dengan nilai terkecil yang ada di dompet untuk ditabung.

4. Aktifkan fitur potong saldo

Bagi pengguna internet banking, mengaktifkan fitur potong saldo bisa menjadi opsi. Fitur tersebut akan memotong sejumlah uang dengan nominal yang kita tentukan secara otomatis di tanggal yang juga kita atur sebelumnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saldo kemudian akan dialihkan ke rekening lain. Anda bisa mengatur agar pemotongan dilakukan tepat di tanggal gaji masuk ke rekening.

5. Membatasi uang di dalam dompet

Batasi uang tunai yang ada dompet agar kamu tetap bisa menabung. Misalnya, dalam satu hari pengeluaranmu habis Rp50 ribu. Jadi, siapkan saja uang Rp50 ribu di dompet setiap harinya. Prinsipnya, uang yang ada di dompet jangan melebihi anggaran harian.
 
 
 
(RUL)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif