Ilustrasi. Foto: AFP/Adek Berry.
Ilustrasi. Foto: AFP/Adek Berry.

Waspada! IHSG Bisa Berbalik Negatif

Ade Hapsari Lestarini • 05 November 2021 09:31
Jakarta: Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini diprediksi akan bergerak volatil dengan tendensi ditutup negatif terseret oleh pergerakan bursa Asia.
 
"Meskipun laporan keuangan para emiten menunjukkan perbaikan di kuartal tiga tahun ini. IHSG akan bergerak di antara rentang 6.560-6.600," jelas Head of Research Reliance Sekuritas Indonesia Alwin Rusli, dikutip dalam hasil risetnya, Jumat, 5 November 2021.
 
Kemudian dari bursa Asia, indeks Nikkei dibuka positif 0,05 persen dan Kospi juga menguat (0,68 persen. Namun sampai detik ini keduanya bergerak menuju ke zona negatif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kelihatannya investor kembali khawatir terhadap krisis Evergrande, karena terdapat jatuh tempo pembayaran kupon atas dua obligasi dolar bond pada Sabtu besok. Hal ini memaksa owner dari Evergrande untuk menggunakan uang pribadinya untuk meringankan beban perusahaan," ungkapnya.
 
Di sisi lain, pergerakan mixed terjadi pada bursa AS. Indeks Dow Jones mengalami pelemahan, namun indeks S&P 500 dan Nasdaq menguat. Penguatan disebabkan karena saham Tesla naik ke level USD1.200 per lembar.
 
Selain itu, ada peningkatan saham pembuat cip Qualcomm meningkat 12,7 persen, hal ini kembali mendorong penguatan tertinggi untuk indeks S&P 500 dan Nasdaq.
 
Sedangkan pelemahan saham bank JPMorgan Chase & Co dan Goldman Sachs group menjadi pemberat indeks Dow Jones. Sektor keuangan turun karena imbal hasil obligasi pemerintah AS turun.
 
Adapun dari indikator ekonomi, data klaim pengangguran initial untuk pekan lalu yang kembali turun ke level 269 ribu jiwa dari 283 ribu jiwa, terendah dalam hampir 20 bulan, ini menunjukkan ekonomi kembali mendapatkan momentum.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif