PT XL Axiata Tbk melakukan aksi buyback saham hingga Rp500 miliar - - Foto: dok XL
PT XL Axiata Tbk melakukan aksi buyback saham hingga Rp500 miliar - - Foto: dok XL

XL Axiata Buyback Saham Rp500 Miliar

Ekonomi xl bursa saham Buyback
Annisa ayu artanti • 07 April 2020 11:14
Jakarta: PT XL Axiata Tbk mengumumkan aksi buyback saham hingga Rp500 miliar selama jangka waktu tiga bulan. Pembelian kembali saham ini dimulai dari 7 April 2020 sampai 6 Juli 2020.
 
Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan harga saham perusahaan saat ini tidak mencerminkan fundamental bisnis yang sesungguhnya. Harga saham mendekati posisi terendah sepanjang masa karena imbas pandemi virus korona (covid-19).
 
Karena itu, aksi buyback dilakukan oleh perusahaan untuk mengirim sinyal positif ke pasar dan menanamkan kepercayaan terhadap prospek jangka panjang XL Axiata.

"Kami percaya bahwa tingkat harga saham saat ini tidak mencerminkan fundamental bisnis kami, dan karena itulah kami memprakarsai program buyback ini," kata Dian dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa, 7 April 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menambahkan aksi buyback ini juga mendukung prakarsa pemerintah dan sesuai ketentuan dalam Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 3/SEOJK.04/2020 per 9 Maret 2020 yang memungkinkan semua emiten atau perusahaan publik untuk melakukan buyback tanpa memperoleh persetujuan pemegang saham dalam RUPS. Ini demi mendukung proses stabilisasi pasar saham dalam kondisi yang berfluktuasi secara signifikan.
 
"Kami bisa melakukan buyback ini karena memiliki posisi keuangan yang kuat, dengan neraca keuangan yang telah diperkuat," ujarnya.
 
Dalam keterbukaan informasi, manajemen menjelaskan dana yang digunakan untuk aksi tersebut berasal dari kas internal.
 
Perusahaan juga meyakini pelaksanaan aksi ini tidak akan memberikan dampak negatif secara material terhadap kegiatan usaha dan kegiatan operasional lainnya karena perusahaan memiliki cashlflow yang cukup kuat.
 
Tercatat total aset perusahaan per 31 Desember 2019 sebesar Rp62,72 triliun. XL Axiata juga mencatat laba bersih 2019 sebesar Rp712,57 miliar. Sementara total ekuitas per 31 Desember 2019 sebesar Rp19,12 triliun.

 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif