Ilustrasi. Foto: MI/Usman.
Ilustrasi. Foto: MI/Usman.

Kinerja Saham Antam Diprediksi Mentereng, Begini Analisisnya

Husen Miftahudin • 05 Juni 2023 15:50
Jakarta: Pada akhir Mei, Analis JP Morgan Benny Kurniawan merekomendasikan saham PT Aneka Tambang Tbk (ANTM). Dalam laporan Bloomberg dijelaskan investor yang mengikuti rekomendasi Benny berhasil mendapatkan return hingga 2,5 persen dalam setahun.
 
Diketahui, JP Morgan dalam 23 bulan terakhir memberikan rekomendasi netral dua kali dan satu kali naik. Pada periode netral tersebut, saham ANTM turun 11 persen namun pada saat direkomendasikan naik hingga 13 persen.
 
Bukan cuma JP Morgan yang merekomendasikan Antam, Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus mengatakan hal yang positif terkait dengan kinerja saham ANTM.
"Kami merekomendasikan buy di Rp2.750, salah satu alasannya adalah keunggulan ANTM terkait EV (electric vehiclebattery," jelas Nico dalam keterangan tertulis, Senin, 5 Juni 2023.
 
Pada awal tahun, Pilarmas Investindo Sekuritas memprediksi kinerja baik ANTM tahun ini. Pilarmas memandang ANTM memperlambat realisasi proyek dari kedua proyeknya demi kehati-hatian di tengah-tengah ekonomi makro yang menantang.
 
"Namun dengan begitu, kami melihat hal itu berpotensi meningkatkan kinerja ANTM beradaptasi dengan pergantian kondisi makro," jelas dia.
 
Nico melanjutkan, secara substansial, ANTM akan lebih fokus untuk mengembangkan cakupan pasar dalam negeri pada segmen emas menyusul meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap emas sebagai instrumen safe haven, memperluas pasar ekspor produk feronikel, serta mengembangkan basis pelanggan di pasar domestik.
 
"Selain itu, menindaklanjuti rencana kebijakan pemerintah (terhadap) larangan ekspor bauksit, serta membangun fokus pada Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR)," urainya.
 
Selain itu, prospek positif pada komoditas nikel dan EV battery yang menjadi sorotan diproyeksikan akan lebih masif dalam jangka menengah hingga panjang.
 
Baca juga: Berikut 9 Rekomendasi Saham Cuan di Minggu Ini

Terdongkrak kenaikan komoditas


Director Kiwoom Sekuritas Indonesia Chang-kun Shin mengungkapkan tetap merekomendasikan saham ANTM sejak awal tahun. Menurutnya, investor bisa mengumpulkan ANTM secara bertahap.
 
"Salah satu penyebabnya karena memang komoditas naik cukup signifikan sejak 2020," jelas Shin.
 
Meski begitu, Shin mengingatkan untuk tetap berhati-hati dengan ekonomi global tahun ini yang bisa saja menggangu kenaikan harga saham.
 
Serupa dengan Pilarmas, BRI Danareksa Sekuritas juga menyebut ANTM kuat sejak awal tahun dengan proyeksi hingga akhir tahun Rp3.500. Analis BRI Danareksa Hasan Barakwan menyebutkan hal ini disebabkan kinerja keuangan ANTM yang solid pada kuartal I-2023.
 
"Berdasarkan konsensus kami, pendapatan ANTM diprediksi naik hingga 49 persen pada akhir tahun setara pendapatan Rp5,7 triliun," jelas Hasan.
 
*Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id*
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(HUS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif