Ilustrasi keuangan digital. Foto: Medcom.id
Ilustrasi keuangan digital. Foto: Medcom.id

Mantap! Ini Upaya BUMN Pecut Transformasi Keuangan Digital

Husen Miftahudin • 15 April 2023 20:53
Jakarta: PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) sebagai bagian dari Holding BUMN Danareksa, tengah mengakselerasi transformasi digital pada sistem layanan keuangannya.
 
Persiapan yang dilakukan meliputi beragam aspek strategis, utamanya peningkatan kualitas operasional, sistem layanan dan keamanan, serta mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal demi memastikan kesiapan Jalin dalam meluncurkan beragam inovasi produk keuangan digital baru yang terpercaya untuk masyarakat.
 
"Saat ini Jalin terus berupaya mengakselerasi peningkatan kapabilitas perusahaan yang end-to-end di berbagai aspek strategis, seperti mendorong pemenuhan Service Level Agreement (SLA) yang di atas standar industri, mengembangkan e-Channel platform demi membangun ekosistem keuangan yang terintegrasi, memperluas sertifikasi security standar global yang diraih, hingga menambah ratusan jumlah SDM profesional serta mendukung peningkatan kompetensinya agar nantinya siap menopang transformasi bisnis Jalin dan mampu bersaing di skala global," kata Direktur Utama Jalin Ario Tejo Bayu Aji dalam siaran persnya, Sabtu, 15 April 2023.

Transformasi keuangan digital yang dilakukan, kata Ario, merupakan bagian dari rencana jangka panjang Perusahaan dalam menjadi digital enabler yang menghubungkan masyarakat dengan ekosistem finansial dan non finansial.
 
"Digitalisasi produk perbankan yang dilakukan merupakan langkah strategis Jalin untuk memperluas layanan digital yang inklusif serta melengkapi layanan switching dan managed service yang sampai saat ini menjadi layanan existing kami," jelasnya.
 
Baca juga: Omnichannel Makin Ngetren, Bakal Jadi Cuan di Masa Depan
 

Dorong percepatan inovasi digital


Ario menekankan, Jalin terus mendorong mempercepat peluncuran beragam inovasi digital yang proses pengembangannya telah dimulai sejak dua tahun silam. Adapun beberapa produk digital services yang saat ini tengah dikembangkan oleh Jalin di antaranya adalah layanan Virtual ATM, Jalin Verifi3d, tarik tunai tanpa kartu (cardless withdrawal), serta Jalin Payment Integrator.
 
"Target kami di paruh kedua 2023 bisa menghadirkan produk digital baru yang dimulai dari launching layanan Virtual ATM bekerja sama dengan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Harapannya nasabah perbankan bisa menikmati kemudahan layanan keuangan yang aman, nyaman, dan semakin luas," ungkap Ario.
 
Sebelumnya Jalin memperkenalkan konsep Virtual ATM sebagai salah satu digital roadmap untuk mendukung member perbankan Jalin utamanya Himbara dalam menghadirkan pengelolaan jaringan ATM yang lebih terkoneksi secara luas, efisien, serta memberikan kenyamanan dalam bertransaksi kepada masyarakat.
 
Virtual ATM menekankan pada solusi penggunaan teknologi ATM yang memungkinkan Bank melayani nasabah dengan tetap mempertahankan user experience walaupun sedang berada di platform ATM Bank yang berbeda.
 
"Jalin sebagai bagian dari Holding Danareksa yang merupakan BUMN spesialis transformasi pertama di Indonesia, siap mengambil peran aktif sebagai Penyelenggara Infrastruktur Sistem Pembayaran (PIP) dalam membangun ekosistem keuangan digital yang inklusif demi mendukung kemajuan Indonesia," pungkasnya.
 
*Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id*

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(HUS)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan