Ilustrasi. FOTO: Fotolia
Ilustrasi. FOTO: Fotolia

Ini Beda Bank Digital dan Bank yang Memiliki Layanan Digital

Angga Bratadharma • 13 Juli 2021 09:14
Jakarta: Maraknya digital banking belakangan ini membuat masyarakat bertanya-tanya seperti apa perbedaan antara bank digital dan bank yang memiliki layanan digital sejalan dengan kian besarnya kebutuhan masyarakat terkait digitalisasi di tengah pandemi covid-19. Sama-sama digital, lantas apakah berarti layanannya sama?
 
Mengutip OCBC NISP, Selasa, 13 Juli 2021, digital bank atau bank digital merupakan model bisnis bank yang menyediakan atau menjalankan kegiatan usaha utamanya melalui saluran elektronik terutama aplikasi mobile banking dengan keberadaan kantor fisik yang terbatas atau bahkan tanpa kantor fisik bank.
 
Secara umum bank digital cukup memiliki satu kantor yakni kantor pusat untuk menjalankan kegiatan usahanya secara digital. Model bisnis ini banyak dipilih untuk dikembangkan karena cenderung memiliki biaya operasional yang rendah dikarenakan tanpa alokasi pengadaan channel fisik atau kantor cabang dan dialihkan kepada pengembangan infrastruktur digital.

Sedangkan, bank dengan layanan digital banking adalah bank umum/konvensional yang dilengkapi dengan kemampuan digital banking seperti internet/mobile banking mulai dari onboarding nasabah (pembuatan rekening) sampai dengan transaksi.
 
Adapun pengelolaan investasi melalui digital channel, namun tetap mempunyai channel layanan fisik seperti ATM dan cabang/kantor kas untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang lebih beragam dan kompleks. Bank umum/konvensional dengan kapasitas layanan digital pada umumnya mempunyai segmentasi nasabah yang lebih luas.
 
Segmennya mulai dari payroll, mass, emerging affluent, premier, bahkan private dengan kebutuhan dan karakteristik yang berbeda bagi setiap segmentasi. Berdasarkan hasil riset internal yang dilakukan OCBC NISP, khusus bagi nasabah affluent (premier dan private banking) ingin memiliki kebebasan dan fleksibilitas dalam berinteraksi dengan bank.
 
Kebebasan itu baik secara daring (melalui internet/mobile banking) maupun offline (kantor cabang, ATM). Hal ini untuk mengakomodir kebutuhan mereka yang beragam, mulai dari kebutuhan yang sederhana seperti transaksi untuk kebutuhan sehari-hari maupun yang lebih kompleks untuk berdiskusi dengan bank terkait pengelolaan keuangannya.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(ABD)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan