Gedung Astra Life. Foto: dok Astra Life.
Gedung Astra Life. Foto: dok Astra Life.

Sepanjang 2021, Astra Life Bayar Klaim Rp709 Miliar

Ade Hapsari Lestarini • 12 April 2022 18:23
Jakarta: PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) telah membayarkan klaim sebesar Rp709 miliar sepanjang 2021. Angka ini juga mencakup klaim terkait covid-19 yang mencapai Rp170 miliar dengan peningkatan klaim yang cukup signifikan di pertengahan 2021 akibat lonjakan kasus covid-19 varian Delta.
 
"Jumlah ini meningkat sebesar hampir 10 kali lipat jika dibandingkan dengan total klaim karena covid-19 sepanjang 2020," ungkap Presiden Direktur Astra Life Windawati Tjahjadi, dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 12 April 2022.
 
Dia mengungkapkan, total kasus yang ditangani juga meningkat tajam dari 201 kasus di 2020 menjadi 5.535 kasus di 2021. Sehingga total klaim yang dibayarkan oleh Astra Life terkait covid-19 sejak awal pandemi sejak Maret 2020 hingga Desember 2021 adalah sebesar Rp186 miliar dengan 5.736 kasus.

Namun demikian, lanjutnya, Astra Life mampu menjaga tingkat kesehatan yang baik dengan solvabilitas/Risk Based Capital (RBC) di angka 286 persen, melampaui ketentuan minimum sebesar 120 persen yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
 
"Tidak hanya pencapaian yang positif melalui performa keuangan, 2021 juga menjadi momentum bagi kami untuk mengoptimalkan kanal distribusi dan layanan digital untuk menjangkau lebih banyak nasabah dan memberikan pelayanan yang lebih baik, serta secara konsisten melaksanakan kampanye marketing yang mengajak masyarakat untuk tetap optimistis di tengah pandemi covid-19," tambah Windawati.
 
Pada 2021, Astra Life mencapai rekor ketinggian baru yang ditandai oleh bebagai indikator kunci, seperti pertumbuhan Premi Bruto (gross written premium/GWP) yang naik menjadi Rp5,7 triliun dari Rp3,7 triliun di 2020, atau bertumbuh sebesar 50 persen. Pertumbuhan ini tercatat berada di atas rata-rata pertumbuhan industri, sesuai siaran pers yang dikeluarkan oleh Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), industri asuransi jiwa di Indonesia mencatat total pendapatan premi sebesar Rp202,93 triliun atau tumbuh sebesar 8,2 persen.
 
Total aset Astra Life per Desember 2021 juga mengalami pertumbuhan delapan persen (year-on-year/yoy) menjadi Rp7,1 triliun. Astra Life juga mencapai ketinggian baru dari sisi jumlah tertanggung yang menembus 3,5 juta bertumbuh 20 persen dari 2020, atau lebih dari delapan kali lipat sejak perusahaan didirikan di 2014.
 
Astra Life melalui Finance Companies Group Astra (Finco) juga telah melindungi lebih dari satu juta nasabah dengan produk asuransi mikro kepada nasabah FIFGROUP, serta menawarkan produk asuransi jiwa kredit bagi debitur Toyota Astra Financial dan Astra Credit Company.
 
Selain itu, Astra Life juga terus menggiatkan kerja sama dengan berbagai mitra digital baik di dalam maupun di luar ekosistem Astra. Dari sisi layanan, Astra Life terus meningkatkan layanan berbasis digital untuk kemudahan nasabah seperti layanan pelanggan via WhatsApp, menghadirkan kenyamanan untuk nasabah asuransi kesehatan kumpulan berupa layanan E-card di aplikasi Buddies untuk kenyamanan saat berobat ke rumah sakit, serta bekerja sama dengan Halodoc untuk layanan telemedicine dan pembelian obat-obatan secara online dan cashless.
 
Bermodalkan pencapaian yang baik selama 2021, Astra Life berkomitmen untuk mencapai profitabilitas yang kuat dan berkesinambungan serta menjadi Life Insurer of the Future dengan melanjutkan penguatan layanan berbasis digital diseluruh lini untuk nasabah grup maupun individu, yang tentunya diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan premi seperti di tahun-tahun sebelumnya yaitu di atas rata-rata industri.
 
Pada 2022, Astra Life juga berfokus untuk mengembangkan unit bisnis syariah. Hal ini akan diwujudkan dengan pengembangan produk yang berlandaskan prinsip syariah untuk berbagai segmen melalui berbagai jalur distribusi. Seperti perluasan kerjasama dengan PermataBank Syariah melalui beragam produk solusi perlindungan yang sudah diluncurkan di awal tahun ini.
 
"Kami mengucapkan terima kasih untuk kepercayaan setiap nasabah dan mitra-mitra bisnis kami yang telah membawa kami mencapai keberhasilan ini. Kami percaya, asuransi adalah bentuk cinta bagi keluarga, untuk itu kami berkomitmen untuk terus berinovasi agar bisa hadir disetiap rumah keluarga Indonesia," tutup Windawati.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(AHL)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan