Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo - - Foto: dok MI
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo - - Foto: dok MI

BI Yakin Belanja Pemerintah akan Dorong Pertumbuhan Ekonomi di Kuartal IV

Ekonomi Pertumbuhan Ekonomi Bank Indonesia belanja negara
Eko Nordiansyah • 12 November 2020 17:04
Jakarta: Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo meyakini akselerasi belanja pemerintah pusat dan daerah akhir tahun ini akan mendorong perbaikan pertumbuhan ekonomi di kuartal IV-2020.
 
"Insyaallah kuartal IV ini pertumbuhan mulai positif, meski belum tinggi. Sebelum tahun depan, sesuai APBN pertumbuhan ekonomi berkisar lima persen," katanya dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR di Jakarta, Kamis, 12 November 2020.
 
Ia menjelaskan pada kuartal III-2020, ekonomi masih kontraksi 3,49 persen meski lebih baik dari minus 5,32 persen di kuartal sebelumnya. Perbaikan ini juga merupakan hasil koordinasi antara pemerintah pusat dan pihak-pihak terkait untuk mendukung pemulihan ekonomi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tentu saja, ini ke depan perlu diperkuat agar terus bersinergi bersama, bergotong royong, agar pemulihan ekonomi berlangsung dan stabilitas makro ekonomi dan sistem keuangan terus terjaga," jelas dia.
 
Di sisi lain, Perry menyebut perbaikan ekonomi Indonesia sejalan dengan perbaikan yang dialami secara global. Meski begitu, seluruh pihak diminta untuk tetap mewaspadai adanya potensi ketidakpastian maupun tantangan yang masih mungkin terjadi.
 
"Volume perdagangan komoditas (global) meningkat, di pasar keuangan global juga. Ketidakpastian mulai menurun meski masih tetap tinggi karena berbagai faktor seperti geopolitik dan risikosecond waveatau gelombang kedua covid," pungkasnya.

 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif