Ilustrasu mie instan Indomie - - Foto: Dok KJRI Chicago
Ilustrasu mie instan Indomie - - Foto: Dok KJRI Chicago

Indofood Akuisisi Produsen Mi di Timur Tengah Senilai USD2,99 Miliar

Ekonomi indofood bei
Annisa ayu artanti • 23 Mei 2020 13:49
Jakarta: PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) segera mengakuisisi saham produsen mi asal Timur Tengah, Pinehill Company Limited dan Steele Lake Limited, senilai USD2,99 miliar.
 
Corporate Secretary ICBP Gideon A Putro mengatakan untuk melakukan aksi tersebut, perusahaan akan menggunakan fasilitas pembiayaan yang telah ditandatangani serta memanfaatkan kas sebesar USD300 juta.
 
"Sampai dengan tanggal keterbukaan informasi ini, perseroan masih dalam tahap diskusi dengan para potensial kreditur dan belum ada ketentuan yang bersifat definitive diantara para pihak," kata Gideon dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Sabtu, 23 Mei 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gideon menjelaskan target dari akuisisi ini untuk memperluas kegiatan usaha sehingga perusahaan dapat memproduksi dan mendistribusikan mi instan di negara-negara benua Afrika, Timur Tengah, dan Eropa Tenggara.
 
"Mengingat kegiatan usaha utama grup target adalah industri mi instan yang merupakan industri sejenis dengan kegiatan perseroan, maka dengan rencana transaski ini akan secara langsung memberikan perseroan posisi strategis di pasar-pasar yang mengutamakan pilihan produk-produk halal," jelasnya.
 
Sejauh ini Grup Pinehill telah mempunyai pangsa pasar yang kuat di delapan negara benua Afrika, Timur Tengah dan Eropa Tenggara. Grup Pinehill juga memiliki 12 fasilitas produksi mi instan yang berlokasi di delapan negara dengan total populasi lebih dari 550 juta orang, serta memiliki jaringan distribusi di 33 negara dengan total populasi 885 juta orang.
 
Akuisisi ini akan memiliki total kapasitas produksi dari sepuluh miliar bungkus mi instan dan posisi dominan di hampir semua pasarnya. Akuisisi ini juga menjadikan perseroan sebagai salah satu produsen mi instan terkemuka di Indonesia.
 
"Rencana transaksi ini akan secara langsung menjadikan perseroan sebagai pemain dan produsen produk makanan global dengan pangsa pasar yang kuat secara global," tuturnya.

 
Sebelumnya pada pertengahan Februari 2020, ICBP mengumumkan rencana akuisisi perusahaan mi instan Pinehill Company Limited. Berdasarkan perjanjian lisensi dengan PT Indofood Sukses Makmur Tbk selaku induk usaha ICBP, Grup Pinehill akan menggunakan merek Indomie untuk memproduksi mi instan di Arab Saudi, Nigeria, Turki, Mesir, Kenya, Maroko, dan Serbia.
 

(Des)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif