Ilustrasi transaksi marjin. Foto: dok Ajaib.
Ilustrasi transaksi marjin. Foto: dok Ajaib.

Cek Cara Bertransaksi Margin yang Aman dan Cuan

Ade Hapsari Lestarini • 05 April 2022 13:43
Jakarta: Investasi saham semakin populer di tengah pandemi covid-19. Hal ini seiring dengan pertumbuhan jumlah investor di pasar modal Indonesia.
 
Investasi saham menjadi salah satu cara yang dipilih untuk mencapai tujuan finansial jangka panjang. Namun dengan keterbatasan dana yang dimiliki, tak jarang para investor sulit untuk mendapatkan keuntungan maksimal.
 
Oleh karena itu, selain dana, strategi penting lainnya yang dapat dilakukan investor adalah memanfaatkan fitur transaksi margin. Menilik geliat pertumbuhan jumlah investor yang pesat, Ajaib sebagai salah satu perusahaan sekuritas di Indonesia dengan lebih dari satu setengah juta pengguna, terus menghadirkan inovasi untuk kemudahan investasi dan memperluas basis investor ritel Tanah Air secara luas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Fasilitas transaksi margin memberi investor kesempatan untuk memperoleh keuntungan lebih besar dengan modal relatif kecil. Namun, perlu diingat bahwa saham adalah tipe investasi high risk high return. Itu artinya, para investor harus mampu mengaplikasikan manajemen risiko yang tepat guna menekan kerugian seminimal mungkin," jelas Direktur Utama PT Ajaib Sekuritas Asia, Anna Lora, dalam keterangan resminya, Selasa, 5 April 2022.
 
Lewat fasilitas transaksi margin, Ajaib ingin menyambut para investor berpengalaman untuk ikut bergabung. Komitmen ini ditunjukkan dengan beragam layanan investor premium seperti Relationship Manager pribadi, informasi terkait strategi investasi, analisis pasar dan saham pilihan, serta Margin Trading.
 
Berbagai terobosan dan inovasi pun diluncurkan, salah satunya dengan merilis fitur transaksi margin berbunga rendah yakni 14 persen per tahun (atau 0,039 persen per hari) dan prosesnya yang 100 persen online untuk memberikan kemudahan bagi investor.
 
Ajaib juga memberikan penawaran berupa nol persen biaya broker dan nol persen bunga yang dapat dinikmati hingga 1 Juni 2022. Di bursa saham, transaksi margin adalah fasilitas yang dapat meningkatkan daya beli investor dengan memperoleh modal dana dari perusahaan sekuritas, sehingga memiliki kapasitas untuk bertransaksi saham dua kali lebih besar dari modal yang dimiliki.
 
Agar bisa menikmati fasilitas margin, syarat utama adalah investor harus memiliki jaminan yang bernilai sedikitnya Rp200 juta, yang terdiri dari kepemilikan saldo Rekening Dana Nasabah (RDN), saham margin, atau kombinasi keduanya.
 
(AHL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif