Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

4 Strategi Mempercepat Inklusi Keuangan di Kota Berkembang

Desi Angriani • 16 Desember 2021 22:38
Jakarta: PT Fintek Karya Nusantara (LinkAja) menyiapkan empat strategi dalam mempercepat inklusi keuangan di kota-kota berkembang. Upaya tersebut seiring tingginya disparitas inklusi keuangan di berbagai wilayah Indonesia.
 
Berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 76/ POJK.07/2016 tahun 2016, inklusi keuangan adalah ketersediaan akses pada berbagai lembaga, produk, dan layanan jasa keuangan sesuai kebutuhan dan kemampuan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 
"Layanan keuangan digital BUMN LinkAja menargetkan kota-kota berkembang untuk mempercepat peningkatan inklusi keuangan dengan memberikan layanan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat," kata Direktur Marketing LinkAja Wibawa Prasetyawan dalam sebuah webinar, Kamis, 16 Desember 2021.

Berikut strategi LinkAja mempercepat inklusi keuangan:

Merangkul merchant lokal.
Kampanye dan promosi untuk meningkatkan pengetahuan hyperlocal.
Menciptakan sustainability dengan berbagai bentuk edukasi dan aktivasi.
Merchant makeover dan key opinion leader.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tokonya kita dandanin, kemudian key opinion leader lokal yang akan membantu kita melakukan sosialisasi mengenai digital economy melalui LinkAja," jelas Wibawa.
 
Selain itu, LinkAja berencana menggandeng pemerintah kota dan provinsi untuk mendigitalisasi pasar tradisional serta melakukan sosialisasi mengenai manfaat bertransaksi digital khususnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
 
Hingga 2020, LinkAja telah dapat digunakan di lebih dari 900 ribu merchant lokal yang tumbuh lima kali lipat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Selain itu, LinkAja dapat digunakan oleh lebih dari 315 ribu merchant nasional, yang bertambah dua kali lipat dari tahun sebelumnya di seluruh Indonesia.
 
Saat ini, LinkAja juga menjadi alat pembayaran digital untuk layanan transportasi publik dan online di 230 moda transportasi, 5.500 SPBU Pertamina, lebih dari 32 ribu partner donasi digital, dan lebih dari 5.000 e-commerce.
 
LinkAja juga melayani pembayaran dan pembelian kebutuhan sehari hari seperti pulsa telekomunikasi, token listrik, tagihan rumah tangga, iuran BPJS, hingga berbagai layanan keuangan lainnya seperti transfer ke semua rekening bank dan tarik tunai tanpa kartu.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif