Ilustrasi. Foto: Grafis Medcom.id.
Ilustrasi. Foto: Grafis Medcom.id.

Perekonomian RI Mulai Terdampak Dinamika Ekonomi Global

Husen Miftahudin • 30 Juni 2022 12:18
Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mencermati dinamika ekonomi global dan perkembangan geopolitik yang penuh ketidakpastian. Meski indikator perekonomian domestik masih menunjukkan perbaikan yang terus berlanjut, namun perbaikannya mulai terpengaruh perkembangan perekonomian global.
 
"Rapat Dewan Komisioner Bulanan (RDKB) OJK juga mencatat perekonomian global masih menghadapi tingkat inflasi yang persisten tinggi karena tekanan global supply chain akibat konflik Rusia-Ukraina dan lockdown di Tiongkok," kata Deputi Komisioner Humas dan Logistik OJK Anto Prabowo dalam keterangan resminya, dikutip Kamis, 30 Juni 2022.
 
Anto mengungkapkan, tingginya inflasi global tersebut telah mendorong bank sentral utama dunia untuk melakukan normalisasi kebijakan moneter yang lebih agresif sehingga pasar keuangan global kembali bergejolak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan latar belakang tersebut, pertumbuhan perekonomian global 2022 diperkirakan akan melambat daripada yang diperkirakan sebelumnya," paparnya.
 
Baca juga: OJK: Kinerja Sektor Jasa Keuangan Masih Terjaga di Tengah Ketidakpastian

 
Adapun inflasi pada Mei 2022 masih terjaga dalam rentang target Bank Indonesia (BI), namun terus berada dalam tren meningkat seiring kenaikan harga pangan dan transportasi.
 
Purchasing Manager's Index (PMI) Manufaktur juga masih berada dalam zona ekspansi, meski dalam tren menurun dalam sembilan bulan terakhir akibat kenaikan harga bahan baku.
 
Sementara itu, sektor eksternal juga masih mencatatkan kinerja positif yang ditunjukkan dengan berlanjutnya surplus neraca perdagangan serta cadangan devisa yang terjaga.
 
"Namun demikian, pertumbuhan impor mulai lebih tinggi dari pertumbuhan ekspor seiring kenaikan permintaan domestik," beber Anto.
 
(HUS)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif