Konten digital. Foto : AFP.
Konten digital. Foto : AFP.

Pendapatan Konten Digital Melesat saat Pandemi Covid-19

Arif Wicaksono • 11 Juli 2021 12:11
Jakarta: Bisnis konten digital melesat saat pandemi covid-19. Hal ini tercermin dari kinerja dua emiten yakni PT MD Pictures Tbk (FILM) dan PT MNC Vision Networks Tbk (IPTV). Perilaku masyarakat yang mengkonsumsi konten lewat digital membantu kinerja emiten.
 
Dikutip dari laporan keterbukaan Bursa Efek Indonesia (BEI), Minggu, 11 Juli 2021, FILM mencetak pendapatan sebesar Rp60,9 miliar atau naik dari capaian kuartal I-2020 sebesar Rp29,3 miliar. Sementara dari total pendapatan, sebesar Rp51 miliar dikontribusikan dari segmen digital pada kuartal I-2021. Padahal pada kuartal I-2020 kontribusi digital baru mencapai Rp257 juta.
 
Terlihat juga dari uang muka penjualan FILM pada kuartal I-2021 hampir 90 persen berasal dari Image Future Investment (HK) Limited, perusahaan afiliasi dengan Tencent, yang juga memiliki saham di Ifflix, WeTv dan Apple Tv. Jumlahnya mencapai Rp18,3 miliar. FILM juga mulai menjual konten ke The Walt Disney Company Pte pada kuartal I-2021dengan piutang sebesar Rp15 miliar.

Nah, segmen yang merosot adalah penjualan film layar lebar yang mencapai Rp2,2 miliar atau anjlok dari tahun sebelumnya sebesar Rp17,2 miliar. Kenaikan penjualan digital menaikkan keseluruhan penjualan FILM yang mencapai Rp55,3 miliar atau membaik dari tahun lalu sebesar Rp18,6 miliar. Laba bersih FILM mencapai Rp17,2 miliar berbalik dari rugi Rp7,3 miliar di kuartal I-2020.
 
Sementara itu, IPTV mencetak pendapatan yang berasal dari segmen layanan digital, IPTV, dan broadband menjadi Rp327,2 miliar pada kuartal I-2021 atau naik 104 persen dibandingkan kuartal yang sama pada tahun sebelumnya yaitu Rp160,2 miliar.
 
Pendapatan IPTV pun mencapai Rp1 triliun pada kuartal I-2021 atau naik 23 persen dari tahun sebelumnya mencapai Rp842 miliar.  Sementara kenaikan net income margin membuat laba bersih mencapai Rp101 miliar pada kuartal I 2021 atau naik 148 persen.
 
Pelanggan DTH, broadband & IPTV capai 9,8 juta pelanggan. Di lini bisnis OTT, Vision+ memiliki lebih dari dua juta pelanggan pada kuaral I-2021. K-Vision memperoleh 2,34 juta pelanggan baru pada  kuartal I-2021.
 
Pandemi covid-19 telah mengubah perilaku masyarakat, yang terjadi karena pembatasan sosial yang diterapkan kepada masyarakat, dengan berlangganan konten secara digital. Hal ini menyebabkan permintaan akan layanan hiburan digital semakin meningkat.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(SAW)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan