Ilustrasi kartu kredit BCA - - Foto: Antara/ Eric Ireng
Ilustrasi kartu kredit BCA - - Foto: Antara/ Eric Ireng

Kredit Kendaraan dan Penggunaan Kartu Kredit Diramal Masih akan Turun

Ekonomi bca kartu kredit PSBB
Annisa ayu artanti • 27 Mei 2020 19:17
Jakarta: PT Bank Central Asia Tbk (BCA) memprediksi kredit kendaraan bermotor (KKB) dan penggunaan kartu kredit (credit card) akan menurun seiring dengan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akibat virus korona (covid-19).

"Kita perkirakaan ke depan dua sektor ini akan melemah terus," kata Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja dalam video conference, Rabu, 27 Mei 2020.
 
Ia menjelaskan dimasa PSBB banyak masyarakat yang mengurungkan niatnya untuk berbelanja ke mal sehingga penggunaan kartu kredit berkurang. Selain itu, bisnis penjualan kendaraan juga menurun di masa pandemi.
 
"Apalagi kita lihat dengan PSBB di kota besar maka praktis orang belanja tidak menggunakan credit card," ungkapnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun penurunan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) sebesar 2,1 persen yoy menjadi Rp47,2 triliun, dan credit card sebesar 3,7 persen menjadi Rp12,4 triliun. Ia berharap tren ini segera berbalik menguat meskipun penuh dengan tekanan kondisi ketidakpastian akibat virus korona.
 
Untuk mendongkrak dua sektor ini BCA telah berupaya melakukan expo di Februari lalu. Expo tersebut merupakan ajang untuk memperbesar volume kredit dua segmen tersebut.

 
"Kita lihat memang dari Januari itu biasanya awal tahun itu biasanya permintaan melemah. Namun ada satu catatan, di Februari saat ulang tahun BCA kita mengadakan expo. Khusus expo itu menambah volume KPR dan KKB," tukasnya.  
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif