Ilustrasi - - Foto: AFP/ OSCAR SIAGIAN
Ilustrasi - - Foto: AFP/ OSCAR SIAGIAN

Tiga Bulan, Dana Asing Minggat Rp140,13 Triliun

Ekonomi bank indonesia Virus Korona capital outflow
Husen Miftahudin • 27 Maret 2020 19:20
Jakarta: Bank Indonesia (BI) mencatat aliran modal asing Rp140,13 triliun minggat dari pasar keuangan domestik sepanjang tiga bulan di awal 2020. Kaburnya dana asing ini dikontribusi dari pasar Surat Berharga Negara (SBN).
 
Untuk periode 23-26 Maret 2020, aliran modal asing yang keluar (capital outflow) sebesar Rp9,93 triliun. Jumlah itu terdiri dari pelepasan SBN sebesar Rp10,0 triliun dan pasar saham sebanyak Rp0,07 triliun.
 
"BI terus memperkuat kebijakan stabilisasi nilai tukar rupiah sesuai dengan fundamentalnya dan bekerjanya mekanisme pasar," tulis Bank Indonesia yang dikutip dari laman resminya, Jumat, 27 Maret 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun demikian, bank sentral terus memperkuat stabilisasi kurs rupiah dengan meningkatkan intensitas stabilisasi di pasar Domestic Non Deliverable Forward (DNDF), pasar spot, dan pembelian SBN dari pasar sekunder. Upaya BI akhirnya membuahkan hasil, rupiah menguat di level di Rp16.100 per USD pada Jumat pagi, 27 Maret 2020, dari posisi hampir menyentuh Rp17 ribu per USD.
 
Bank Indonesia mengklaim kepanikan di pasar keuangan imbas merebaknya virus korona (covid-19) mulai mereda, sehingga mendorong premi Currency Default Swap (CDS) Indonesia lima tahun turun ke 181 bps per 26 Maret 2020 dari 239 bps pada 20 Maret 2020.
 
BI berkomitmen akan terus memperkuat koordinasi dengan pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memonitor secara cermat dinamika penyebaran covid-19 dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia dari waktu ke waktu.
 
"Juga melakukan langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan yang perlu ditempuh untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap baik dan berdaya tahan," pungkas BI.

 

(Des)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif