Ilustrasi perusahaan garmen - - Foto:  Antara/ Aloysius Jarot Nugroho
Ilustrasi perusahaan garmen - - Foto: Antara/ Aloysius Jarot Nugroho

Emiten Garmen Bagi Dividen Tunai Rp4,71 Miliar

Ekonomi setoran dividen trisula textile industries
Ilham wibowo • 16 Juni 2020 14:08
Jakarta: Perusahaan integrated apparel provider, PT Trisula International Tbk (TRIS) kembali membagikan dividen dengan total Rp4,71 miliar atau Rp1,5 per saham. TRIS tercatat konsisten membagikan dividen tunai sejak mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 2012.
 
Direktur Utama TRIS Santoso Widjojo mengatakan pembagian dividen akan diberikan kepada para pemegang saham yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham perseroan pada 25 Juni 2020. Hal tersebut diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk tahun buku 2019.
 
"Kami mengucapkan terima kasih atas kinerja dari berbagai pihak sehingga dalam RUPS ini TRIS telah mendapatkan persetujuan untuk membagikan dividen tunai dari laba bersih 2019," kata Santoso melalui keterangan tertulisnya, Selasa, 16 Juni 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya hasil RUPST juga memutuskan agenda realisasi penggunaan dana hasil rights issue atau Penambahan Modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu I (PMHMETD I) di 2019 sebesar Rp576,01 miliar. Dana itu akan digunakan untuk akuisisi saham PT Trisula Textile Industries Tbk (BELL) dan untuk modal kerja.
 
Santoso menuturkan pihaknya terus melakukan efisiensi produksi maupun operasional lantaran munculnya tantangan pandemi imbas covid-19. Perusahaan akan memprioritaskan efisiensi biaya operasional yang disesuaikan dengan pencapaian kinerja.
 
Manajemen juga melakukancost control serta meninjau dan menganalisis kinerja arus kas (cash flow) dalam setiap segmentasi bisnis. Selain itu, TRIS melakukan diversifikasi produk dengan membuat produk Alat Pelindung Diri (APD) baju hazmat dan masker nonmedis.
 
Melalui entitas anak PT Trisco Tailored Apparel Manufacturing, perseroan mempunyai kapasitas produksi sebanyak 40 ribu pcs per bulan untuk baju hazmat seam-sealed dan dua juta pcs per bulan untuk masker nonmedis, sedangkan melalui PT Trimas Sarana Garment Industry, Perseroan mempunyai kapasitas sebanyak 500 ribu pcs per bulan untuk masker nonmedis.
 
"Menghadapi pandemi covid-19 ini, kami akan tingkatkan penjualan domestik secara daring, seperti yang sudah dilakukan pada 2019, penjualan online untuk pasar domestik TRIS naik signifikan sebesar 94 persen pada 2019," paparnya.
 
Adapun pangsa pasar TRIS di 2019 berimbang antara penjualan domestik dan ekspor karena adanya konsolidasi dengan BELL. Kerja sama ini mengakibatkan 51 persen penjualan berasal dari domestik dan 49 persen lainnya berasal dari pasar ekspor.
 
Ia menegaskan penjualan ekspor sampai saat masih berjalan cukup lancar meski beberapa wilayah mengalami keterbatasan jalur distribusi.
 
"Kami harapkan strategi yang dicanangkan ini dapat berjalan dengan baik dan kami akan terus mencari peluang dengan memberikan inovasi dan kualitas tinggi sebagai integrated apparel provider," tutup Santoso.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif