Ilustrasi.  Menyiapkan hari tua itu bukan tanggung jawab orang tua lagi, tapi menjadi tanggung jawab kita pribadi. (Foto: yelp.ie)
Ilustrasi. Menyiapkan hari tua itu bukan tanggung jawab orang tua lagi, tapi menjadi tanggung jawab kita pribadi. (Foto: yelp.ie)

Dana Pensiun Sebaiknya Disiapkan Sejak Peroleh Gaji Pertama

Ekonomi dana pensiun Manulife
Gervin Nathaniel Purba • 11 Desember 2020 12:20
Jakarta: Masa pensiun yang tenang dan bahagia menjadi dambaan setiap orang. Semua hasil kerjas pada masa muda tinggal dinikmati tanpa beban pikiran.
 
Untuk mewujudkan cita-cita tersebut sebetulnya bisa dilakukan oleh semua orang, yakni dengan menabung sejak usia muda. Terlihat sepele. Namun yang diuji pada hal ini ialah komitmen pada diri sendiri.
 
Menurut Director and Chief Alternate & EB Distributions Manulife Indonesia Karjadi Pranoto, menyiapkan dana pensiun sebaiknya dilakukan semenjak kita sudah mendapatkan penghasilan. Sebab, besaran biaya untuk disisihkan masih terbilang kecil ketimbang baru mempersiapkannya menjelang memasuki masa pensiun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jika kita baru menyiapkan dana pensiun mendekati usia pensiun, maka kontribusi yang kita keluarkan pastinya lebih besar dibandingkan saat kita masih muda," ujar Karjadi, dalam program Do It: Persiapan Matang, Pensiun Senang Metro TV, Jumat, 11 Desember 2020.
 
Karjadi sendiri mengaku agak telat menyiapkan dana pensiun. Dia baru memahami pentingnya menyisihkan uang untuk dana pensiun ketika sudah melewati usia muda.
 
Untuk itu, Karjadi menasehati para generasi muda, khusus milenial dan generasi Z untuk mulai menyisihkan uangnya dari pendapatan pertamanya ketimbang dihabiskan untuk gaya hidup. 
 
"Kita harus mengedukasi kepada adik-adik kita, bahwa hari tua itu bukan tanggung jawab orang tua lagi, tapi menjadi tanggung jawab kita pribadi untuk menyiapkan hari tua kita," ujar Karjadi.
 
Selain menyiapkan dana pensiun, Karjadi juga mengingatkan generasi muda pentingnya memiliki asuransi. Tanpa disadari, asuransi juga berperan besar dalam memperlancar perencanaan keuangan kita untuk masa tua yang cerah.
 
"Selagi muda dan mampu, coba sisihkan dana untuk membeli asuransi, karena kita tidak tau kapan penyakit datang," katanya.
 
 
 
 
(ROS)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif