Presiden Direktur Maybank Indonesia Taswin Zakaria. FOTO: MI/MOHAMAD IRFAN
Presiden Direktur Maybank Indonesia Taswin Zakaria. FOTO: MI/MOHAMAD IRFAN

Maybank Indonesia Dukung Pemerintah Jaga Ekosistem Hutan Hujan Tropis

Ekonomi Perbankan Maybank Indonesia Hutan Tropis Indonesia
Angga Bratadharma • 04 Mei 2022 14:04
Jakarta: PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) turut berupaya mendukung upaya pemerintah dalam menjaga ekosistem hutan hujan tropis di kawasan konservasi di Kalimantan Barat. Salah satu yang dilakukan melalui program tanggung jawab sosial Maybank Peduli Bumi.
 
Upaya tersebut dengan menyelenggarakan peresmian kerja sama Maybank Indonesia dengan Yayasan Alam Sehat Lestari (ASRI) sebagai mitra Balai Taman Nasional Gunung Palung (TANAGUPA). Acara peresmian kerja sama program reforestasi ini diselenggarakan secara virtual pada 26 April 2022.
 
Di kerja sama ini, upaya penyelamatan hutan dilakukan dengan penanaman 3.000 lebih bibit pohon endemik Kalimantan yang bibitnya bersumber dari hasil budi daya masyarakat sekitar. Bibit pohon hasil budi daya itu juga menjadi alat pembayaran nontunai bagi masyarakat yang memerlukan akses kesehatan dengan berobat ke klinik yang dimiliki oleh Yayasan ASRI.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Maybank Indonesia juga mendukung upaya perawatan bibit pohon yang sudah ditanam, serta melakukan monitoring secara berkala. Selain itu, Maybank Indonesia mendukung program pelatihan budi daya bibit pohon, dan pemberdayaan perempuan melalui pembuatan eco-polybag dari bambu.
 
Presiden Direktur Maybank Indonesia Taswin Zakaria mengklaim Maybank Indonesia berkomitmen memberi dukungan aktif dalam upaya penyelamatan hutan melalui program reforestasi, sekaligus mendukung program pelayanan kesehatan masyarakat sebagai insentif konservasi hutan.
 
"Hal ini sejalan dengan salah satu pilar Corporate Responsibility (CR) Maybank Indonesia, yakni pelestarian lingkungan, yang juga selaras dengan Strategi Keberlanjutan Maybank," kata Taswin, dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 4 Mei 2022.
 
Sementara itu, Direktur Eksekutif ASRI Nur Febriani menjelaskan, kerja sama antara ASRI, TANAGUPA, dan Maybank Indonesia diharapkan dapat menjadi awal yang baik untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, sejahtera, dan alam yang lestari.
 
"Kolaborasi antara Non-Governmental Organisation (NGO), private sector, dan bersama pemerintah ini menjadi sebuah kolaborasi yang positif, memadukan sumber daya terbaik dari masing-masing pihak, sehingga diharapkan output yang lebih maksimal khususnya, dalam upaya mewujudkan masyarakat sehat, sejahtera dan alam yang lestari," pungkas  Febri.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif