CEO Grup GoTo Andre Soelistyo. FOTO: GoTo
CEO Grup GoTo Andre Soelistyo. FOTO: GoTo

GoTo Siap Melantai di Bursa Hari Ini

Eko Nordiansyah • 11 April 2022 07:03
Jakarta: PT GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) akan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada, Senin, 11 April 2022. GoTo menawarkan sebanyak 46,7 miliar saham baru Seri A, yang merupakan gabungan antara saham baru yang diterbitkan dan saham tresuri (untuk opsi penjatahan lebih).
 
Dilansir dari keterangan resmi GoTo, nilai penawaran umum perdana saham (IPO) dan penjatahan lebih yang ditawarkan kepada investor adalah sebesar Rp15,8 triliun (USD1,1 miliar). Ini menjadikan IPO GoTo sebagai IPO terbesar ketiga di Asia serta kelima di dunia sepanjang 2022.
 
Adapun harga IPO telah ditetapkan di batas atas kisaran, yaitu Rp338 per saham, yang mencerminkan kapitalisasi pasar diperkirakan mencapai Rp400,3 triliun (USD28 miliar).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


CEO Grup GoTo Andre Soelistyo mengatakan sangat bersyukur melihat tanggapan positif para investor, yang tetap bertahan di tengah gejolak ekonomi makro dan pasar global. Menurutnya, pasar modal Indonesia memiliki ketangguhan dan kapasitas untuk mendukung pencatatan dengan skala sebesar ini.
 
"Sebagai pemimpin pasar di Indonesia, dengan ekosistem yang dapat melayani dua pertiga konsumsi rumah tangga, kami bangga dapat mengibarkan bendera mewakili sektor teknologi Indonesia, seiring kami terus mendorong pertumbuhan bisnis kami di salah satu kawasan paling menjanjikan di dunia," ujar dia.
 
Tak hanya itu, GoTo juga menyediakan dana hingga Rp310 miliar khusus untuk mitra pengemudi di ekosistem GoTo. Dana tersebut digunakan untuk Program Saham Gotong Royong, yaitu pemberian saham secara cuma-cuma kepada seluruh mitra pengemudi yang memenuhi persyaratan.
 
Andre mengatakan manajemen ingin membawa para mitra merasakan manfaat dari aksi IPO. Melalui Program Saham Gotong Royong ini, tambahnya, GoTo ingin memberikan apresiasi kepada para mitra pengemudi yang telah turut bekerja sama membangun ekosistem GoTo dari awal.
 
Untuk mitra pengemudi yang telah terdaftar sebagai mitra sejak 2010 hingga 2016 akan berkesempatan menerima 4.000 lembar saham seri A GoTo. Sedangkan mitra pengemudi yang terdaftar sejak 2017 hingga Februari 2022 berkesempatan untuk menerima 1.000 lembar saham seri A.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif