Foto: Grafis Medcom.id
Foto: Grafis Medcom.id

Bidik Potensi Bisnis Rp70 Miliar, Martina Berto Gandeng TGKA

Ade Hapsari Lestarini • 24 Agustus 2021 12:21
Jakarta: PT Martina Berto Tbk (MBTO) menggandeng PT Tigaraksa Satria Tbk (TGKA) untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis dan memperkuat penetrasi produk-produknya di channel modern trade key account.
 
Pada tahap awal, kerja sama strategis antara MBTO dan TGKA ini akan berlangsung selama dua tahun. Dengan potensi bisnis kerja sama ini senilai Rp70 miliar di tahun pertama, MBTO menargetkan pertumbuhan bisnis sebesar 10-15 persen setiap tahunnya.
 
"Kami optimistis kerja sama dengan Tigaraksa Satria bisa membantu meningkatkan pertumbuhan bisnis di modern trade secara berkelanjutan setiap tahunnya karena didukung dengan manajemen distribusi yang baik," ujar CEO Martha Tilaar Grup, Kilala Tilaar, Selasa, 24 Agustus 2021.

Kilala mengatakan, dengan jangkauan nasional sebesar 100 persen di modern trade channel yang dimiliki Tigaraksa Satria, diharapkan produk-produknya bisa terdistribusi dengan lebih luas dan merata ke outlet-outlet yang sesuai dengan produk perseroan.
 
"Dengan demikian diharapkan nantinya produk Martina Berto bisa lebih dekat dan lebih mudah didapat oleh konsumen di seluruh wilayah Indonesia. Secara paralel, kami juga menjajaki perluasan channel lain dengan Tigaraksa Satria," jelas dia.
 
Kedua perusahan merupakan nama besar yang sudah berdiri kuat dan berpengalaman selama puluhan tahun di bidangnya masing-masing. MBTO merupakan salah satu unit bisnis dari Martha Tilaar Group, produsen kosmetik, personal care, dan herbal.
 
Sementara itu, TGKA adalah perusahaan berskala nasional di bidang distribusi dan logistik yang didukung dengan infrastruktur dan jaringan distribusi yang menjangkau hingga ke pelosok nusantara.
 
Oleh karena itu, kedua perusahaan hari ini menandatangani perjanjian kerja sama di Bekasi, Jawa Barat, yang dilakukan oleh President Director TGKA Lianne Widjaja dan CEO Martha Tilaar Group Kilala Tilaar.
 
Dalam kerja sama ini, produk pilihan dan berkualitas MBTO antara lain Sariayu, Rudy Hadisuwarno Cosmetics, Mirabella, dan Biokos akan didistribusikan ke modern trade key account TGKA yang ada di seluruh Indonesia.
 
"MBTO optimistis jaringan dan jangkauan distribusi TGKA tersebut dapat membantu produk-produk MBTO untuk terdistribusi dengan merata mulai dari Aceh hingga Papua seiring dengan pertumbuhan dan ekspansi outlet-outlet modern trade sampai ke kota-kota kecil di seluruh wilayah Indonesia," jelasnya.
 
Selain itu, TGKA juga dikenal memiliki sistem management supply chain, inventory control, serta data penjualan yang terintegrasi dengan baik secara online mulai dari central warehouse, branch warehouse, sampai ke target outlet yang dituju sehingga data yang dibutuhkan dapat diketahui secara real time dan lebih akurat.
 
"Penambahan prinsipal baru adalah salah satu strategi yang dijalankan Tigaraksa Satria setiap tahun untuk mendorong terciptanya pertumbuhan pendapatan. Karena itu kami menyambut baik kerja sama dengan Martina Berto untuk memperluas segmen consumer product kami, apalagi sebagai pionir produk lokal di Indonesia, produk-produk Martina Berto sudah dikenal masyarakat luas," tambah Lianne.
 
Value dan selling point ditambah dengan histori dan pengalaman puluhan tahun yang dimiliki oleh masing-masing perusahan, baik Lianne maupun Kilala optimistis MBTO dan TGKA bisa bersinergi dengan baik, sehingga terintegrasi menjadi sebuah kekuatan positif yang dapat bermanfaat dan mampu memperkuat tumbuh kembang bisnis masing-masing untuk tumbuh bersama meraih sukses.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(AHL)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan