"Meski sudah menjadi kebiasaan yang dekat dengan para pengguna e-commerce, ada beberapa hal yang tak boleh luput dari perhatian demi menjaga keamanan dalam bertransaksi secara daring," kata Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja, dikutip dari keterangan tertulisnya, Senin, 6 September 2021.
Karenanya, dalam rangka merayakan Hari Pelanggan Nasional di 2021 ini, ada beberapa tips yang dapat diikuti untuk mendapatkan pengalaman belanja daring yang aman.
1. Jangan pernah berikan OTP ke siapapun untuk alasan apapun
Kode OTP adalah kunci kedua yang tak kalah pentingnya dari password akun seseorang. One Time Password atau OTP adalah kunci akses unik yang dibuat secara otomatis oleh sistem ketika ingin masuk ke akun di situs atau aplikasi online. Dengan kata lain, OTP adalah pelindung akun pribadimu. Sesuai kepanjangannya, sejatinya OTP adalah password yang harus dirahasiakan dan tidak boleh dibagikan ke siapapun. Tidak akan ada pihak yang meminta OTPmu. Jika ada pihak yang mengatasnamakan entitas atau aktivitas tertentu dan menanyakan OTPmu, maka janji manisnya patut dicurigai.
2. Ganti password secara berkala
Pastikan password di setiap akun daring berbeda, dan usahakan menggantinya secara berkala. Ini akan menjadi perlindungan pertamamu jika salah satu aplikasi diretas, agar menjaga data-data yang tersimpan dalam aplikasi lainnya tetap aman.
3. Aktifkan verifikasi dua langkah
Mengaktifkan verifikasi dua langkah menjadi pengaman ganda saat oknum penjahat mencuri datamu. Apabila mengaktifkan fitur keamanan ini, sebuah akun akan mendapatkan tambahan kunci akses selain password untuk dapat diakses. Beberapa contoh fitur verifikasi dua langkah ini adalah kode OTP, verifikasi biometrik (sidik jari atau scan wajah), dan kode QR.
4. Waspada terhadap tautan atau lampiran yang mencurigakan
Modus penipuan ini dikenal dengan nama phishing. Phishing mengacu pada upaya penipuan untuk melakukan tindak kriminal, mulai dari pencurian identitas, perusakan data, hingga pencurian uang. Para penipu akan mendesain pesannya sehingga tampak berasal dari perusahaan sungguhan ataupun sumber yang terpercaya. Berawal dari disebarkannya email dan teks tiruan, lampiran atau unduhan palsu, spam kalender, bahkan diperkuat dengan panggilan telepon tipuan—untuk mengecoh agar korban memberikan informasi seperti password, OTP, nomor rekening, atau nomor kartu kredit.
5. Lakukan transaksi di dalam platform e-commerce yang terpercaya
Dalam konteks marketplace terpercaya, keseluruhan transaksi hanya terjadi di dalam aplikasi. Shopee, misalnya, tidak pernah mengimbau para penggunanya untuk melakukan transaksi di luar aplikasi dengan alasan apapun. Oleh karenanya, Shopee melengkapi aplikasinya dengan seperangkat fitur keamanan yang melindungi penggunanya seperti Masa Garansi Shopee.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News