Ilustrasi. AFP PHOTO/ANDREAS GEBERT
Ilustrasi. AFP PHOTO/ANDREAS GEBERT

2019, Allianz Indonesia Bukukan Dana Kelolaan Rp40,18 Triliun

Angga Bratadharma • 07 Maret 2020 12:01
Jakarta: Allianz Indonesia mencatat total dana kelolaan atau Asset Under Management (AUM) di 2019 sebesar Rp40,18 triliun atau naik sebanyak 14 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebesar Rp35,33 triliun. Hal itu dapat tercapai di tahun politik Indonesia dan di tengah ketidakpastian ekonomi global.
 
"Portofolio AUM Allianz Indonesia ini terdiri dari dana yang dikelola dari produk unit link sebesar 53 persen, asuransi jiwa dan kesehatan sebesar 25 persen, dan DPLK sebesar 22 persen," kata Chief Investment Officer Allianz Life Indonesia Ni Made Daryanti, seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Sabtu, 7 Maret 2020.
 
Dalam pergerakan kondisi pasar yang fluktuatif, Allianz Indonesia mengelola 60 fund. Beberapa fund yang paling banyak dipilih oleh nasabah sepanjang 2019 adalah SmartLink Equity Fund dengan dana kelolaan Rp10,17 triliun, SmartLink Balanced Fund dengan dana kelolaan Rp2,16 triliun, dan SmartLink Fixed Income Fund dengan dana kelolaan Rp1,35 triliun.

Allianz Indonesia juga tetap mempertahankan kepercayaan untuk mengelola aset nasabah dengan kenaikan jumlah tertanggung sebanyak 9,49 juta atau bertambah sebesar 18,9 persen dari tahun sebelumnya sebanyak 7,92 juta tertanggung.
 
Sementara itu, perkembangan perang dagang AS-Tiongkok sudah berhasil mencapai kesepakatan dagang fase pertama. Di sisi lain, kebijakan moneter yang serentak dilakukan oleh hampir seluruh bank sentral dunia akan menjadi modal yang baik untuk pergerakan pasar keuangan 2020, khususnya untuk kelas aset berisiko tinggi seperti saham.
 
Walaupun optimistis dengan 2020, ada risiko-risiko yang perlu diperhatikan yaitu kelanjutan perjanjian damai dagang fase kedua, geopolitik, dan yang masih terus berlangsung hingga saat ini adalah penyebaran virus korona. Risiko penyebaran virus yang menyebar ke berbagai penjuru dunia ini berpotensi menyebabkan perlambatan.
 
Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia Karin Zulkarnaen mengatakan dalam menyediakan perlindungan asuransi dan mengelola dana nasabah, Allianz Life Indonesia akan selalu memerhatikan berbagai aspek dalam mengantisipasi dinamisnya kondisi pasar.
 
Hal ini dapat dibuktikan dengan rekam jejak kinerja fund Allianz yang selalu diupayakan untuk mencapai hasil optimal demi memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah. Adapun Allianz Indonesia tetap fokus dengan tujuan memberikan perlindungan kepada lebih banyak lagi masyarakat Indonesia.
 
"Tentunya dengan produk dan layanan terbaik dari penyedia asuransi terpercaya,” pungkas Karin.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ABD)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan