Ilustrasi belanja daring - - Foto: dok Shutterstock
Ilustrasi belanja daring - - Foto: dok Shutterstock

Penjualan Online Bikin Kinerja Hypermart Positif

Annisa ayu artanti • 04 Agustus 2021 18:43
Jakarta: Emiten pengelola Hypermart, PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) menyatakan transformasi bisnis dari offline to online (O2O) membuat kinerja cukup positif pada kuartal II-2021.
 
Tercatat, penjualan kotor MPPA pada kuartal II-2021 lebih dari Rp2 triliun atau tumbuh 16,2 persen. Sementara untuk serta penjualan online yang tumbuh 21,3 persen dibandingkan dengan kuartal II-2020.
 
Bahkan Chief of Executive Officer MPPA Elliot Dickson mengatakan data market share MPPA terus tumbuh dan mencapai 24,1 persen di pasar supermarket dan hypermarket, berdasarkan data NielsenIQ.

"Kami telah berada pada jalur transformasi O2O yang baik, serta diikuti dengan peningkatan omzet penjualan serta laba bruto yang stabil," katanya dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu, 4 Agustus 2021.
 
Elliot menjelaskan perusahaan 'pede' menjadi pemain online groceries terbesar. Sebab dampak positif dari sinergi O2O bisnis yang diterapkan oleh MPPA mulai terlihat dengan tercapainya rasio penjualan online terhadap penjualan reguler sebesar 5,8 persen pada Juni 2021.
 
Rasio tersebut merupakan rasio tertinggi sejak MPPA bertransformasi ke O2O bisnis dan diprediksi akan terus tumbuh dari tahun ke tahun.
 
"Kami yakin bahwa MPPA mampu bertransformasi menjadi salah satu pemain online groceries terbesar di Indonesia yang telah sukses bersinergi dengan berbagai Indonesian giant tech (GoMart, Tokopedia, GrabMart, Shopee, BliBli dan JD.ID)," ucapnya.
 
Kedepannya, MPPA terus memperkuat penawaran bisnis online sebagai O2O strategis dengan toko offline sebagai arah strategis baru di 2021 dan tahun mendatang.
 
Di tengah situasi covid-19, dalam beberapa bulan terakhir MPPA telah meningkatkan standar dalam memperkuat e-commerce Hypermart Online dan Chat & Shop milik yang sekarang mencakup secara nasional. Selain itu, MPPA juga akan bekerja sama dengan operator marketplace lainnya.
 
"MPPA akan menambah lebih banyak toko online untuk berpartisipasi dalam kolaborasi yang sudah ada ini dan mengembangkan lebih banyak kolaborasi baru dengan operator marketplace terkemuka lainnya di Indonesia," tutupnya.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(Des)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan