Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Nasabah BRI Diminta Hati-hati Modus Kejahatan Social Engineering

Annisa ayu artanti • 04 Juli 2022 12:46
Jakarta: Modus kejahatan dengan modus social engineering di industri perbankan tidak pernah berhenti. Kali ini menyasar nasabah BRI.
 
Melalui pesan singkat ke salah satu nasabah BRI, dituliskan informasi kepada nasabah tabungan BRI Simpedes/BritAma terdapat perubahan sistem tarif transaksi dari layanan transfer antarbank yang semula senilai Rp6.500 per transaksi menjadi Rp150 ribu per bulan.
 
Pelaku juga menyampaikan tarif tersebut sudah diberlakukan ke semua nasabah BRI. Jika nasabah tidak setuju dengan tarif yang baru, diminta untuk membalas pesan tersebut dengan format: (Tarif Normal), dan jika setuju diminta untuk membalas dengan format: (Tarif Baru).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jika Anda tidak memberikan tanggapan apapun maka kami anggap Anda setuju dengan tarif yang baru dan rekening Anda akan didebet secara otomatis senilai Rp150 ribu per bulan," tulis pesan yang dikirim oleh nomor +1 (401) 777-7716.
 
Berdasarkan informasi tersebut, tim Medcom.id mengonfirmasi kepada Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto. Ia pun mengatakan hal tersebut tak benar. "Hal tersebut dipastikan tidak benar," tegasnya kepada Medcom.id, Senin, 4 Juli 2022.
 
Baca juga: OJK Bagikan Cara Hindari Penipuan Social Engineering

 
Ia mengatakan, BRI hanya menggunakan saluran resmi website dan social media resmi (verified/centang biru) sebagai media komunikasi yang dapat diakses oleh masyarakat melalui website www.bri.co.id, akun instagram @bankbri_id, dan akun twitter: bankbri_id, kontak bri, promo_bri. Lalu akun facebook Bank BRI, serta Youtube Bank BRI.
 
BRI mengimbau agar nasabah lebih berhati-hati dan tidak menginformasikan kerahasiaan data pribadi dan data perbankan seperti nomor rekening, nomor kartu, PIN, user & password internet banking, OTP, kepada orang lain termasuk yang mengatasnamakan BRI, melalui tautan, website, maupun pesan singkat dari sumber tidak resmi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
 
"BRI mengimbau seluruh nasabah untuk waspada kepada segala bentuk modus penipuan dan kejahatan perbankan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab," pungkasnya.

 
(HUS)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif