DP rendah bantu bangkitkan kembali industri otomotif. Foto: MI/Ramdani
DP rendah bantu bangkitkan kembali industri otomotif. Foto: MI/Ramdani

DP Mobil Rendah Bantu Bangkitkan Industri Otomotif di Masa Pandemi

Ekonomi industri otomotif Kredit Kendaraan
Nia Deviyana • 21 September 2020 15:22
Jakarta: Pandemi covid-19 memberi tekanan pada berbagai sektor industri, tak terkecuali otomotif. Untuk menekan angka kredit macet, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan kebijakan restrukturisasi kredit, sedangkan sejumlah lembaga pembiayaan menerapkan kebijakan down payment (DP) yang lebih tinggi, yakni 50 persen.
 
"Sejumlah lembaga pembiayaan seperti PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance), CIMB Niaga Finance (CNAF), Mandiri Tunas Finance (MTF), dan PT. BCA Finance secara internal menaikkan DP mobil bekas menjadi 50 persen untuk menghindari kredit macet di kemudian hari," ujar CEO marketplace otomotif Garasi.id Ardy Alam melalui keterangan resminya, Senin, 21 September 2020.
 
Menurut Ardy, kenaikan DP mobil yang diberlakukan jelas menekan industri karena permintaan menjadi menurun. Kebijakan ini juga menyulitkan masyarakat untuk memiliki kendaraan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Padahal kendaraan atau mobil merupakan salah satu solusi pemutus rantai penularan covid-19. Dengan kendaraan pribadi, kita bisa lebih aman dan juga bisa lebih totalitas dalam menjaga kehigienisan kendaraan, dan yang paling penting kita jadi tidak berinteraksi dengan sembarang orang atau harus berkerumun menunggu antrian untuk masuk ke kendaraan umum bila menggunakan kendaraan pribadi saat ingin beraktivitas," jelasnya.
 
Ardy mengatakan, Garasi.id mencoba untuk memberikan kemudahan bagi para masyarakat Indonesia untuk mewujudkan memiliki kendaraan pribadi. Selain itu, untuk membangkitkan kembali industri otomotif. Lagipula, perekonomian masyarakat mulai pulih seiring berjalannya lagi aktivitas masyarakat.
 
Sebagai marketplace yang bergerak di bidang otomotif, Garasi.id memberikan promo DP 30 persen untuk setiap pembelian mobil bekas di Garasi.id dengan layanan Mobil Pilihan ataupun fitur Kredit Kilat hingga 30 September 2020.
 
Melalui fitur pilihan Garasi.id, diharapkan konsumen dapat membeli mobil dengan mendapatkan banyak keuntungan, salah satunya mendapatkan mobil pilihan terbaik yang disiapkan mitra Garasi.id yang sudah melalui proses inspeksi oleh montir ahli dari partner Garasi.id dengan 170 poin pengecekan yang dilakukan.
 
"Bekerja sama dengan partner pembiayaan BCA Finance, kami harapkan dengan adanya promo DP rendah bisa menjawab kesulitan dan menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia untuk memiliki sebuah mobil di masa transisi seperti ini," pungkasnya.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif