Ilustrasi. FOTO: AFP/MOHD RASFAN
Ilustrasi. FOTO: AFP/MOHD RASFAN

Kuartal II, Maybank Bukukan Laba Bersih 1,96 Miliar Ringgit Malaysia

Angga Bratadharma • 30 Agustus 2021 15:06
Jakarta: Maybank mengumumkan laba bersih pada kuartal kedua yang berakhir 30 Juni 2021 sebesar 1,96 miliar ringgit Malaysia atau meningkat dibandingkan dengan posisi 941,7 juta ringgit Malaysia pada kuartal II-2020. Peningkatan laba tersebut didukung kredit yang terus tumbuh dan peningkatan margin bunga bersih (NIM).
 
Adapun peningkatan NIM disebabkan kombinasi pendanaan dengan pembiayaan yang lebih efektif dan penurunan impairments dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sedangkan laba sebelum pajak (PBT) untuk kuartal II tercatat 2,73 miliar ringgit Malaysia ketimbang 1,26 miliar ringgit Malaysia tahun lalu.
 
Chairman dan Group President & CEO Maybank Tan Sri Dato’ Sri Zamzamzairani Mohd Isa mengatakan meskipun Maybank memasuki awal tahun ini dengan situasi yang lebih baik, namun demikian Maybank akan terus bersikap hati-hati dalam menghadapi momentum pertumbuhan bisnis secara regional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Terlebih karena telah terjadi peningkatan pesat kasus covid-19 dalam beberapa bulan terakhir," sebutnya, dalam keterangan tertulisnya, Senin, 30 Agustus 2021.
 
Ia menambahkan munculnya berbagai varian virus baru telah menjadi perhatian khusus dengan kondisi ini juga telah memicu penerapan penguncian di beberapa pasar regional Maybank beroperasi dan hal ini akan berdampak pada prospek pertumbuhan bisnis di kuartal mendatang.
 
Meski demikian, lanjutnya, Maybank tetap berkomitmen untuk membantu nasabah yang terdampak pandemi melalui solusi-solusi keuangan dan memberikan dukungan kepada masyarakat agar dapat melewati masa pandemi dengan sebaik-baiknya.
 
"Pada saat yang sama, kami akan terus menerapkan strategi forward looking seperti yang telah ditetapkan dalam Rencana M25 yang kami yakini dapat mendukung bisnis untuk menghadapi masa yang penuh ketidakpastian dan mengidentifikasi peluang untuk pertumbuhan baru, serta menciptakan nilai bagi semua pemangku kepentingan kami," ucapnya.
 
Operasional Maybank Group di Malaysia mencatat pertumbuhan gross loan stabil sebesar 4,7 persen pada kuartal kedua, melampaui pertumbuhan industri sebesar 3,4 persen. Hal ini didukung pertumbuhan yang sehat sebesar 6,7 persen di segmen Community Financial Services (CFS) khususnya di consumer, business banking, dan Small & Medium Sized Enterprises (SME).
 
"Pasar Singapura mencatat tren kenaikan sebesar 8,7 persen, juga didukung oleh segmen CFS-nya, sementara Indonesia mencatat penurunan sebesar 15 persen karena ekonomi yang terus menerus terkena dampak pandemi," pungkasnya.
 
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif