Sayangnya, edukasi dan literasi keuangan terhadap kaum hawa masih minim. Literasi (pengetahuan) dan inklusi (penggunaan produk) keuangan perempuan masih tertinggal jauh di belakang laki-laki.
Berdasarkan data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan menyebutkan tingkat literasi keuangan perempuan di Indonesia hanya sebesar 36,13 persen dan tingkat inklusi keuangan senilai 75,15 persen. Sementara, tingkat literasi dan inklusi keuangan laki-laki masing-masing sebesar 39,94 persen dan 77,24 persen.
Terkait hal ini, PT Sun Life Financial Indonesia (Sun Life Indonesia) mendorong partisipasi perempuan Indonesia agar dapat memiliki kolaborasi yang baik sebagai tenaga pemasar yang melakukan pengembangan bisnis, mewujudkan strategi berkelanjutan, dan pemberian edukasi terhadap masyarakat terkait pentingnya memiliki proteksi dan perencanaan keuangan sedini mungkin melalui program BeYoutiful Inside Out.
Program BeYoutiful Inside Out yang telah berjalan sejak Januari lalu ini menghadirkan serangkaian pemaparan untuk mendorong dan meningkatkan kapasitas serta potensi perempuan dalam berkarya dan berkontribusi pada sektor finansial di Indonesia.
"Bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional, kami turut mendukung partisipasi perempuan Indonesia di bidang ekonomi, karena melihat bahwa ini dapat menjadi salah satu cara tercepat untuk mendorong pertumbuhan inklusif pemulihan ekonomi yang berkelanjutan serta menciptakan dampak ekonomi yang transformasional," ucap Chief Distribution Officer Sun Life Indonesia Danning Wikanti dalam keterangan tertulis, Kamis, 9 Maret 2023.
Baca juga: Mau Tahu Cara Bangkitkan Minat Masyarakat Berasuransi? |
Bangun pengelolaan keuangan keluarga secara tepat
Dalam rangkaiannya, program BeYoutiful Inside Out menyajikan sesi edukasi tentang literasi keuangan dan pemaparan produk-produk asuransi di Sun Life Indonesia. Dalam acara ini, Sun Life memberikan kesempatan kepada partisipan yang hadir untuk dapat melakukan canvassing kepada masyarakat.
Menurut Danning, hal ini dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa percaya diri mereka dalam berperan secara aktif mengelola keuangan di keluarganya. Melalui kegiatan ini, Sun Life juga ingin bisa memperluas keikutsertaan perempuan dalam menjadi pendukung krusial membangun ekonomi dunia yang sejahtera dan berkelanjutan.
"Sun Life berharap agar pembekalan yang diberikan melalui program ini dapat menjadi inspirasi bagi perempuan untuk memiliki sumber pendapatan tambahan sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan hidup mereka."
"Kami ingin terus menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi jutaan keluarga agar mereka dapat mencapai kemapanan finansial dan menjalani hidup yang lebih sehat. Melalui program pengembangan diri dan mewujudkan semangat baru berkontribusi melalui cara mereka masing-masing, kami berharap kedepannya perempuan Indonesia bisa mencapai kesetaraan di bidang ekonomi," tambah Danning.
*Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id*
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News