Ilustrasi. Foto: grafis Medcom.id.
Ilustrasi. Foto: grafis Medcom.id.

Masyarakat Digital Savvy Diajak Tata Kebiasaan Finansial yang Baik

Ekonomi btpn investasi keuangan tips keuangan tips mengatur keuangan Keuangan Digital Edukasi Keuangan
Ade Hapsari Lestarini • 21 April 2022 16:04
Jakarta: Masyarakat Indonesia kini semakin lekat dengan dunia digital. Salah satunya di sektor keuangan. Masyarakat pun diajak untuk mewujudkan kebiasaan hidup dan finansial yang lebih baik.
 
"Selama dua tahun ini kita hidup dalam kondisi yang naik turun. Dari beragam cerita teman Jenius, kami mendapati saat ini mereka sedang memulai menata kembali hidup ke arah yang lebih baik. Maka itu, melalui #langkahkecilhariini, kami mengajak masyarakat digital savvy untuk mulai merencanakan, membuat kebiasaan, serta mengapresiasi langkah kecil mereka," ujar Digital Banking Business Product Head BTPN Waasi B. Sumintardja, dalam webinar, Kamis, 21 April 2022.
 
Waasi B. Sumintardja menjelaskan berdasarkan survei daring yang dilakukan melalui media sosial Instagram resmi Jenius pada 18 April 2022, Jenius mengadakan survei daring melalui media sosial Instagram resmi Jenius @jeniusconnect dengan topik tujuan finansial yang ingin dicapai dengan melibatkan 256 responden.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sebanyak 89 persen responden memiliki tujuan finansial yang ingin dicapai tahun ini. Tujuan finansial yang ingin dicapai pun beragam, mulai dari mengumpulkan dana darurat, membeli properti, tabungan untuk menikah, mengumpulkan biaya liburan, hingga membeli tiket konser musisi kesukaan," ujarnya.
 
Masih dari hasil survei daring 18 April lalu, untuk mencapai tujuan finansial tersebut tentunya dimulai dengan langkah kecil, antara lain dengan mulai menabung (52 persen), berinvestasi (29 persen), dan membuat pos-pos pengeluaran (17 persen).
 
Langkah-langkah kecil tersebut apabila dilakukan secara terus-menerus dapat memberikan dampak yang mengarah kepada perubahan baik dalam beragam aspek kehidupan, dalam hal ini untuk mencapai tujuan finansial mereka.
 
Dalam mewujudkan tujuan finansial tersebut, terdapat lima tantangan yang sering dihadapi, yaitu:
  1. Pengeluaran tidak terduga atau kebutuhan darurat (35 persen).
  2. Promo dan online shopping (32 persen).
  3. Ajakan untuk jajan dan FOMO (Fear of Missing Out) (15 persen).
  4. Belum konsisten dan disiplin (sembilan persen).
  5. Keinginan untuk jalan-jalan (lima persen).

"Demi mewujudkan kondisi finansial yang sehat, dapat dimulai dari langkah-langkah kecil yang positif. Karena itu, Jenius hadir menemani setiap langkah kecil dalam keseharian masyarakat digital savvy melalui sederet fitur inovatif yang dapat membantu penggunanya untuk terus melangkah, menciptakan kebiasaan yang lebih baik, dan mencapai tujuan hidupnya. Langkah kecil untuk mencapai kebiasaan finansial yang baik mulai dari mengatur cash flow, menabung, hingga investasi," jelas Waasi.
 
Waasi berharap, pihaknya dapat menjadi pendorong bagi masyarakat digital savvy untuk bersama-sama bergerak maju dan merayakan langkah kecil menuju capaian hidup dan finansial yang lebih baik.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif