Ilustrasi. Foto: dok BTN.
Ilustrasi. Foto: dok BTN.

Transaksi Mobile Banking Melonjak 142%, Ini Strategi BTN Jelang Tutup Tahun

Ade Hapsari Lestarini • 21 Desember 2023 18:57
Jakarta: Super apps PT Bank Tabungan Negara, Persero (Tbk), BTN Mobile, telah menunjukkan tren pertumbuhan positif jelang akhir 2023. Hal ini terlihat dari nasabah BTN Mobile yang terus mengalami kenaikan sejak diluncurkan pada Februari 2023, serta transaksi yang juga terus tumbuh hingga mencapai 97 persen secara yoy pada kuartal ke II-2023.
 
Guna menyambut tahun baru 2024, perseroan akan menghadirkan empat fitur baru pada SuperApps BTN Mobile. Keempat fitur tersebut di antaranya yaitu BTN Kita, Home Service dan KAI pada fitur Lifestyle, serta menu terkait tagihan auto-debit nasabah yaitu Transaksi BulananKu.
 
"Latar belakang peluncuran keempat fitur tersebut adalah dinamika kebutuhan masyarakat yang menginginkan layanan yang mudah dan cepat serta terintegrasi dengan aplikasi mobile banking. Sehingga segala kebutuhan dapat dilakukan tanpa harus mengunjungi outlet atau kantor cabang terdekat," ujar Direktur Utama BTN Nixon L. P. Napitupulu, dalam keterangan resmi, Kamis, 21 Desember 2023.
 

Fitur baru BTN mobile


Direktur IT & Digital BTN Andi Nirwoto menambahkan, perseroan memberikan kemudahan kepada nasabah dalam melakukan top up kredit ataupun pengajuan pinjaman dana segar (fresh fund) melalui fitur BTN Kita.

"Sebelum melakukan pengajuan, nasabah juga akan mendapatkan Pre-Approval. Fitur BTN Kita hadir agar masyarakat dapat dengan mudah memproses pengajuan pinjaman hingga pencairan yang semua prosesnya bisa dilakukan hanya dengan aplikasi BTN Mobile," ujar Andi.
 
Adapun pada halaman detail penawaran BTN Kita, nasabah akan mendapatkan informasi plafon kredit, suku bunga, angsuran dan jangka waktu kredit. Apabila pengajuan disetujui, nasabah akan mendapat notifikasi pengajuan BTN Kita telah dicairkan ke rekening nasabah.
 
Sementara itu, Home Service dan KAI adalah dua fitur baru yang disematkan pada kategori "Lifestyle" untuk mempermudah pemesanan dan pembayaran layanan maintenance rumah (tahap awal service AC), serta pemesanan dan pembayaran tiket Kereta Api, tanpa perlu membuka aplikasi lain.
 
 
Baca juga: BTN Siapkan Rp19,68 Triliun saat Libur Natal dan Tahun Baru

 
Andi menjelaskan fitur Home Service bekerja sama dengan third party yaitu Sejasa guna meningkatkan layanan digital yang semakin komprehensif dalam konteks ekosistem rumah, untuk nasabah setia BTN.
 
Selain itu, di penghujung tahun banyak kawula muda yang sedang mempersiapkan kebutuhannya terkait liburan akhir tahun, kami hadirkan fitur KAI yang memberikan kemudahan kepada nasabah setia BTN dalam melakukan pemesanan hingga pembayaran untuk tiket Kereta Api, tanpa perlu membuka aplikasi lain (KAI), cukup melalui BTB Mobile. Fitur ini merupakan sinergi kami dengan PT KAI.
 
Selanjutnya pada fitur "Transaksi BulananKu" nasabah akan dengan mudah melakukan transaksi Auto-Debit yang telah dijadwalkan sebelumnya. Fitur ini membantu nasabah dalam melakukan transaksi rutin setiap bulannya seperti pembayaran tagihan listrik, tagihan telepon, serta tagihan internet dan TV.
 
Selain itu, Nasabah juga dapat melakukan beragam transaksi pembelian yang dijadwalkan secara harian maupun bulanan khususnya untuk transaksi pembelian pulsa dan paket data, top up e-wallet, serta pembelian voucher elektronik.
 

Transaksi BTN mobile melonjak


Andi menjelaskan hingga Desember ini, jumlah transaksi BTN mobile sudah melonjak di atas 142 persen secara yoy, sementara volume transaksi juga meningkat hingga 53 persen yoy.
 
"Event yang kami selenggarakan, program akuisisi nasabah baru, serta program-program promo yang kami gelar, terbilang sukses mendongkrak nasabah dan user experience nasabah terhadap BTN Mobile," ujar Andi.
 
Andi mengaku, pada 2024, akan lebih agresif dalam mengembangkan fitur transaksi dan pemasaran produk bank lewat BTN Mobile.
 
"Ke depan, kami akan terus mengembangkan fitur-fitur baru, seperti penjualan produk investasi, fitur transaksi Remittance Internasional, dan fitur-fitur lain guna memfasilitasi segala kebutuhan digital masyarakat Indonesia, khususnya untuk memperkuat digital ekosistem perumahan BTN," ujar Andi.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(AHL)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan