Gubernur BI Perry Warjiyo. Foto : Medcom.
Gubernur BI Perry Warjiyo. Foto : Medcom.

BI Pangkas Suku Bunga Jadi 3,75%, Terendah Sepanjang Sejarah

Ekonomi Bank Indonesia suku bunga
Husen Miftahudin • 19 November 2020 15:17
Jakarta: Bank Indonesia (BI) resmi menurunkan lagi suku bunga acuan BI 7 Days Reverse Repo Rate sebesar 25 basis poin ke level 3,75 persen untuk periode November 2020. Keputusan itu dilakukan berdasarkan asesmen dan perkembangan pada perekonomian global serta nasional.
 
"Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 18 dan 19 November 2020, memutuskan untuk menurunkan BI 7 Days Reverse Repo Rate sebesar 25 basis poin menjadi 3,75 persen," ucap Gubernur BI Perry Warjiyo dalam Pengumuman Hasil RDG Bulanan BI secara virtual, Kamis, 19 November 2020.
 
Selain menurunkan suku bunga acuan, RDG Bank Indonesia ini juga memutuskan untuk memangkas suku bunga deposit facility sebesar 25 basis poin ke level 3,0 persen. Termasuk memotong suku bunga lending facility sebesar 25 basis poin menjadi 4,5 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perry mengungkapkan bahwa keputusan ini diputuskan dengan mempertimbangkan perkiraan inflasi yang tetap rendah, stabilitas eksternal yang terjaga, dan sebagai langkah lanjutan untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional.
 
"Bank Indonesia tetap berkomitmen untuk tetap mendukung penyediaan likuiditas, termasuk dukungan BI kepada pemerintah dalam mempercepat realisasi APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) Tahun 2020," tegas Perry.
 
Terendah sepanjang sejarah
 
Pada 16 Juli 2020, Bank Indonesia memangkas suku bunga acuan sebesar 25 basis poin dari 4,25 persen menjadi 4,0 persen. Keputusan bank sentral tersebut membuat suku bunga kebijakan menjadi yang terendah sepanjang sejarah.
 
Secara berturut-turut, BI menahan posisi suku bunga di level yang sama guna menjaga perekonomian domestik dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional di tengah mewabahnya pandemi covid-19. Level suku bunga 4,0 persen tersebut bertahan selama tiga bulan, yakni pada pengumuman hasil RDG Bank Indonesia periode Agustus, September, serta Oktober 2020.
 
Hingga akhirnya pada RDG Bank Indonesia pada periode November 2020 ini, suku bunga kembali dipangkas menjadi 3,75 persen. Berdasarkan catatan BI, suku bunga acuan saat ini menjadi level terendah sepanjang sejarah sejak bank sentral mengubah penghitungan dari bulanan menjadi per pekan, tepatnya pada 19 Agustus 2016.

 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif