ilustrasi dana pihak ketiga di perbankan - - Foto: dok BTN
ilustrasi dana pihak ketiga di perbankan - - Foto: dok BTN

Kenaikan Harga Komoditas Dorong Penumpukan Dana Pihak Ketiga di Perbankan

Antara • 04 April 2022 20:18
Jakarta: Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu menyebutkan Dana Pihak Ketiga (DPK) yang ada di perbankan mencapai sekitar Rp600 triliun sampai Rp700 triliun.

Penumpukan DPK mencapai Rp700 triliun di perbankan karena adanya kenaikan harga komoditas unggulan Indonesia seperti sawit dan batu bara akibat situasi geopolitik antara Rusia dan Ukraina. Kenaikan harga komoditas ini biasanya memberi dampak positif pada sektor keuangan yakni adanya tambahan likuiditas di perbankan.
 
“Kita menikmati transmisi dari tambahan likuiditas yang terjadi dengan tingginya harga komoditas akan mengalir ke sektor perbankan,” ujarnya 
dalam Indonesia Macroeconomic Updates 2022, Senin, 4 April 2022.
 
Tak hanya ke sektor perbankan, kenaikan harga komoditas turut dinikmati oleh sektor lain seperti para petani kelapa sawit maupun sektor di sekitarnya. Menurut Febrio, hal tersebut berdampak pada penjualan yang tinggi pada kendaraan bermotor, televisi maupun elektronik sehingga mencerminkan konsumsi masyarakat naik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Artinya akan menyalurkan DPK di perbankan yang selama dua tahun ini tumbuh sangat tinggi di atas 10 persen,” tegasnya.
 
Dia berharap dana di perbankan ini akan mulai digunakan masyarakat untuk melakukan konsumsi baik membeli elektronik, kendaraan bermotor, pakaian hingga traveling.
 
“Ini kami harapkan transmisi akan baik ke perekonomian,” pungkas Febrio.

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif