Bank DKI dorong penerapan transaksi digital di pasar. FOTO: Bank DKI
Bank DKI dorong penerapan transaksi digital di pasar. FOTO: Bank DKI

Dorong Digitalisasi Pasar, Bank DKI Dukung SIAP QRIS di Pasar Kedoya

Ekonomi Perbankan bank dki transformasi digital layanan digital QRIS
Angga Bratadharma • 15 April 2022 10:08
Jakarta: Bank DKI terus mendukung akseptasi pembayaran digital melalui Sehat Inovatif dan Aman Pakai-Quick Response Code Indonesian Standard (SIAP QRIS) melalui JakOne Mobile pada acara Kegiatan Monitoring /On Site oleh Bank Indonesia (BI) di Pasar Kedoya.
 
"Hadir dalam acara tersebut Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta Suharman Tabrani, Manajer Area 5 Perumda Pasar Jaya Danu Mulyanto, serta Pemimpin Grup Penjualan Dana & Transaksional Bank DKI Diki Jatnika," kata Sekretaris Perusahaan Bank DKI Herry Djufraini, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Jumat, 15 April 2022.
 
Herry menyampaikan dengan adanya JakOne Mobile diharapkan dapat mendorong penerapan inklusi keuangan kepada UMKM di DKI Jakarta melalui penerapan transaksi nontunai. Penerapan QRIS di Pasar Kedoya juga menjadi perwujudan semangat kolaborasi Jakarta Smart City 4.0 dan kolaborasi antar BUMD DKI Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Penerapan transaksi nontunai melalui QRIS juga diharapkan memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada pengunjung," tuturnya.
 
Sebagaimana diketahui, per Desember 2021, jumlah pengguna JakOne Mobile mencapai 1,51 juta pengguna, dengan jumlah nominal transaksi mencapai Rp15,48 triliun, serta volume transaksi mencapai 18,38 juta transaksi.
 
"Bagi pengunjung Pasar Kedoya yang sudah mendownload JakOne Mobile dapat langsung melakukan scan pada QR code yang tersedia pada sejumlah merchant di Pasar Kedoya," kata Herry.
 
Selain JakOne Mobile, Bank DKI juga turut mengajak pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya dengan menjadi agen melalui aplikasi JakOne Abank. JakOne Abank merupakan layanan perbankan tanpa kantor di mana Bank DKI hadir melalui agen dengan menggunakan perangkat Mobile Point of Sale (MPOS).
 
"Untuk pembayaran pajak dan retribusi pembayaran tagihan. Dengan menjadi agen JakOne Abank, para pelaku UMKM dapat melayani berbagai transaksi perbankan serta mendapatkan komisi dari setiap transaksi," ucapnya.
 
Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta Suharman Tabrani menambahkan Bank Indonesia secara konsisten terus mendorong penerapan transaksi nontunai, salah satunya melalui QRIS. Sampai dengan akhir Maret 2022, jumlah merchant/pedagang yang telah menggunakan layanan QRIS mencapai 3,4 juta merchant atau setara dengan 30 persen di DKI Jakarta.
 
"Kedepannya, melalui program aplikasi pembayaran nontunai SIAP QRIS diharapkan masyarakat dapat lebih maju di dalam pembayaran nasional secara digital dengan menggunakan QRIS sebagai alat pembayaran yang cepat, mudah, murah, aman, dan andal," tutup Suharman.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif