Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Mau Liburan? Jangan Lupa Bertransaksi Pakai Digital Biar Gak Ribet!

Antara • 19 April 2023 12:57
Denpasar: Sejumlah perbankan di Bali mengajak nasabah untuk bertransaksi secara digital, guna mengurangi penggunaan uang tunai saat libur Lebaran.
 
"Selain melalui (aplikasi) BRIMo, nasabah juga dapat melakukan transaksi pembayaran di mesin EDC," kata Kepala Kantor Wilayah BRI Bali dan Nusa Tenggara Recky Plangiten di Denpasar, Rabu, 19 April 2023.
 
Pihaknya juga memiliki agen BRILink yang memberikan layanan transaksi perbankan seperti transfer, setor dan tarik tunai, pembayaran tagihan listrik, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, isi ulang uang elektronik, setoran pinjaman dan transaksi lainnya.

Di wilayah Bali dan Nusa Tenggara, bank BUMN ini memiliki 734 mesin anjungan tunai mandiri (ATM), 457 mesin setor dan tarik tunai (CRM), serta 14.277 agen BRILink.
 
Meski demikian, pihaknya tetap mempersiapkan kebutuhan kas dengan total Rp1,2 triliun, yang dialokasikan salah satunya untuk mesin ATM.
 

Mudah dan cepat


Senada, Kepala Kantor Wilayah Bank Mandiri Bali dan Nusa Tenggara Winardi Legowo juga mengajak nasabah untuk memanfaatkan aplikasi Livin' yang mampu memenuhi kebutuhan layanan perbankan secara mudah dan cepat.
 
Adapun layanan perbankan yang bisa digunakan melalui Livin' yaitu cek saldo, pembayaran tagihan bulanan, isi ulang otomatis dompet elektronik, tarik tunai tanpa kartu, serta pembayaran cepat dengan kode batang atau QRIS.
 
Bahkan, lanjut dia, nasabah juga dapat melakukan pemesanan tiket kereta dan pesawat melalui aplikasi itu.
 
"Dengan fitur isi ulang mandiri uang elektronik pada aplikasi itu nasabah yang melakukan perjalanan lewat tol akan dimudahkan karena isi ulang dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja," ucapnya.
 
Meski begitu, pihaknya mengalokasikan Rp675 miliar uang tunai untuk memenuhi kebutuhan salah satunya di 323 mesin ATM di Bali.
 
Baca juga: 5 Tips Amankan Data Pribadi saat Transaksi Keuangan Digital Meningkat Jelang Lebaran
 

Mesin pembayaran dipastikan aman


Sedangkan untuk memastikan keandalan, pihaknya sudah melakukan perawatan mesin pembayaran menggunakan kartu (EDC) sebanyak 14.423 unit yang dilakukan oleh pihak ketiga.
 
Infrastruktur itu tersebar di bandara, terminal, pelabuhan, pusat perbelanjaan, hotel, tempat wisata, hingga stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). "Preventive maintenance itu pengecekan rutin oleh vendor," imbuh Winardi.
 
Sementara itu, Bank BUMN lainnya yakni BNI melalui pengumumannya di sejumlah kantor cabang di Bali juga menganjurkan nasabah mengakses layanan melalui kanal elektronik melalui ATM.
 
Kemudian, layanan perbankan melalui pesan singkat atau SMS bankingmobile banking, internet banking, dan layanan melalui telepon atau phone banking selama 24 jam setiap hari.
 
*Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id*
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(HUS)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan