Penandatanganan perjanjian kerja sama tentang pelaksanaan penjaminan pemerintah untuk pelaku usaha korporasi - - Foto: dok Kementerian Keuangan
Penandatanganan perjanjian kerja sama tentang pelaksanaan penjaminan pemerintah untuk pelaku usaha korporasi - - Foto: dok Kementerian Keuangan

Pemerintah Jamin Kredit Modal Kerja Korporasi hingga Rp100 Triliun

Ekonomi Kredit Kementerian Keuangan LPEI (Eximbank Indonesia)
Eko Nordiansyah • 29 Juli 2020 11:44
Jakarta: Pemerintah memberikan penjaminan terhadap kredit modal kerja bagi pelaku usaha korporasi dalam rangka pemulihan ekonomi nasional. Total kredit modal kerja yang dijamin melalui Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank mencapai Rp100 triliun.
 
"Pertama untuk menjamin kredit korporasi dan kedua loss limit risk yaitu penjaminannya itu dijaminkan lagi sehingga dia bisa memberi kepastian risiko kepada pemerintah namun tetap bisa memberi dukungan kepada dunia usaha," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati usai penandatanganan perjanjian kerja sama untuk program penjaminan pemerintah kepada korporasi padat karya di Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu, 29 Juli 2020.
 
Dalam skema penjaminan kredit modal kerja korporasi, porsi penjaminan sebesar 60 persen dari kredit. Namun untuk sektor-sektor prioritas porsi yang dijamin sampai dengan 80 persen dari kredit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sektor prioritas tersebut antara lain pariwisata yakni hotel dan restoran, otomotif, tekstil dan produk tekstil dan alas kaki, elektronik, kayu olahan, furnitur, dan produk kertas, serta sektor usaha lainnya yang memenuhi kriteria terdampak covid-19 sangat berat, padat karya dan/atau memiliki dampak multiplier tinggi serta mendukung pertumbuhan ekonomi di masa depan.
 
Pemerintah menanggung pembayaran imbal jasa penjaminan sebesar 100 persen atas kredit modal kerja sampai dengan Rp300 miliar dan 50 persen untuk pinjaman dengan plafon Rp300 miliar sampai Rp1 triliun. Skema penjaminan direncanakan berlangsung hingga akhir 2021 dan diharapkan dapat menjamin total kredit modal kerja yang disalurkan perbankan hingga Rp100 triliun.
LPEI juga menggandeng perbankan untuk penyediaan penjaminan pemerintah bagi pelaku usaha korporasi. Terdapat 15 bank yang akan memanfaatkan fasilitas ini, yaitu PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank Danamon Indonesia Tbk, PT Bank DBS Indonesia, PT Bank HSBC Indonesia, PT Bank ICBC Indonesia, dan PT Bank Maybank Indonesia.
 
Kemudian PT Bank Resona Perdania Tbk, Standard Chartered Bank, PT Bank UOB Indonesia, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Bank DKI, dan Bank MUFG Ltd.
 
Sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 Tahun 2019 dan/atau padat karya sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 16 Tahun 2020, fasilitas penjaminan kredit modal kerja korporasi ditujukan kepada pelaku usaha korporasi yang memiliki usaha berorientasi ekspor dan/atau padat karya yang memiliki minimal 300 karyawan.
 
Pelaku usaha korporasi yang dijamin tidak termasuk kategori BUMN dan UMKM, dan tidak termasuk dalam daftar kasus hukum dan/atau tuntutan kepailitan serta memiliki performing loan lancar sebelum terjadinya pandemi covid-19. Besaran tambahan kredit modal kerja yang dijamin bernilai antara Rp10 miliar sampai dengan Rp1 triliun.
 
Adapun penandatanganan perjanjian kerja sama tentang pelaksanaan penjaminan pemerintah untuk pelaku usaha korporasi ini dilakukan antara Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Luky Alfirman dengan Ketua Dewan Direktur LPEI Daniel James Rompas.
 
Selain itu, LPEI melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) yang diwakili oleh Direktur Utama PT PII Muhammad Wahid Sutopo tentang dukungan loss limit atas penjaminan pemerintah untuk pelaku usaha korporasi dalam rangka pemulihan ekonomi nasional.
 

(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif