Foto: Grafis Medcom.id
Foto: Grafis Medcom.id

Survei: Metode Pembayaran Ini Jadi 'Primadona' saat Pandemi

Ekonomi jasa keuangan e-commerce Kredivo Pinjaman Online
Media Indonesia.com • 10 Juni 2021 07:46
Jakarta: Hasil riset Kredivo dan Katadata Insight Center menunjukkan bahwa pembayaran menggunakan metode paylater makin diminati selama pandemi covid-19.
 
Berdasarkan hasil riset yang dirilis secara virtual, Rabu, 9 Juni 2021, diketahui 55 persen pengguna paylater saat ini merupakan pengguna baru kurang dari satu tahun. Sementara 41 persen konsumen memilih fitur paylater untuk mengontrol pengeluaran bulanan.
 
"Pandemi telah mengubah banyak hal dalam keseharian kita, termasuk perilaku kita saat bertransaksi digital," ujar VP Marketing & Communications Kredivo, Indina Andamari, dilansir Mediaindonesia.com, Kamis, 10 Juni 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hasil riset tersebut menunjukkan paylater berpotensi semakin diminati sebagai pilihan pembayaran yang cepat, aman, dan nyaman. Paylater diperkirakan menjadi salah satu pembayaran digital yang tumbuh paling cepat di e-commerce dalam satu tahun terakhir.
 
Studi tersebut menunjukkan bahwa hampir 90 persen konsumen menyadari bahwa paylater merupakan sebuah opsi pembayaran. Dalam riset tersebut disebutkan mereka yang sudah menggunakan paylater menyatakan sangat puas dan 50 persen di antaranya berencana menggunakan paylater lebih sering daripada sebelumnya.
 
"Sebagai pelaku pembiayaan berbasis digital terdepan, tentunya kami optimistis bahwa berbagai temuan ini dapat mendorong visi perusahaan untuk melayani 10 juta pelanggan pada 2025 melalui solusi pembiayaan yang cepat, terjangkau dan mudah diakses," kata Indina.
 
Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) Bima Laga mengatakan pandemi covid-19 telah membawa banyak perubahan dalam tatanan kehidupan masyarakat sehari-hari. Industri digital ditantang untuk terus berinovasi demi memenuhi kebutuhan konsumen.
 
"Seiring meningkatnya popularitas e-commerce maupun paylater sebagai metode pembayaran selama setahun terakhir, kami berharap riset Kredivo ini bisa mendorong pertumbuhan ekonomi digital negeri lebih cepat lagi," kata Bima.
 
Riset perilaku pembayaran konsumen dianalisis secara khusus dengan menggunakan data yang diperoleh dari survei online yang berlangsung pada 26-30 Maret 2021 dengan 3.560 responden yang tersebar di seluruh Indonesia.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif