Ilustrasi. Foto: dok Danamon.
Ilustrasi. Foto: dok Danamon.

Bersinergi, Kunci Bank Danamon Kembangkan Bisnis

Ihfa Firdausya • 15 Juli 2022 09:24
Jakarta: PT Bank Danamon Indonesia Tbk menginjak usia ke-66 pada 16 Juli 2022 ini. Bank yang merupakan bagian dari MUFG, institusi keuangan terbesar di Jepang, ini menjadikan perayaan hari ulang tahun (HUT) kali ini sebagai momentum penting untuk terus melanjutkan kolaborasi dengan semua pihak.
 
Direktur Utama PT Bank Danamon Indonesia Tbk Yasushi Itagaki menjelaskan, HUT ke-66 Bank Danamon mengambil tema 'Bersama Bersinergi'. Tema itu dipilih untuk menggambarkan perjalanan panjang Danamon yang tidak mungkin tercapai tanpa kolaborasi dan sinergi dari berbagai pihak.
 
"Dengan semangat Bersama Bersinergi, perayaan ulang tahun yang ke-66 ini menjadi momentum untuk memperkuat kolaborasi untuk terus berkreasi dan berinovasi, menghasilkan layanan keuangan terbaik bagi para nasabah dan komunitas luas Indonesia," kata Yasushi dalam acara media gathering di Jakarta, dilansir Mediaindonesia.com, Jumat, 15 Juli 2022.

Kolaborasi dengan anak perusahaan

Danamon terus melanjutkan kolaborasi kuat dengan anak perusahaan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance). Selama bertahun-tahun, kolaborasi keduanya telah memperkuat ekosistem pembiayaan otomotif di Indonesia melalui berbagai inovasi produk pembiayaan dan pemasaran otomotif.

Sinergi antara Danamon, Adira Finance, dan jaringan global MUFG membentuk kolaborasi yang kuat untuk mendukung pertumbuhan jangka panjang ekonomi Indonesia serta pemulihan ekonomi nasional dan industri otomotif pascapandemi covid-19. Hal ini salah satunya ditunjukkan melalui keikutsertaan Danamon dalam mendukung Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 yang berlangsung beberapa waktu yang lalu di Jakarta.
 
Dalam hal ini, Danamon bersama Adira Finance, dengan dukungan dari MUFG, mendapat respons positif dari industri maupun pasar otomotif nasional. Melalui perhelatan IIMS 2022, Danamon dan grup mencatat pencapaian memuaskan berupa penyaluran kredit kepemilikan kendaraan bermotor (KPM Prima) sebanyak 2.000 unit dengan total nilai Rp300 miliar.
 
Baca juga: Berkolaborasi Menyokong Pertumbuhan UMKM Indonesia

"Danamon memiliki posisi yang sangat unik dan kuat di Indonesia dengan dukungan dan jaringan dari MUFG dan Adira Finance," cetus Yasushi.
 
Dengan sinergi yang apik dan kuat, tantangan pandemi juga terbukti tidak menyurutkan kinerja baik Danamon di industri keuangan Indonesia. Berdasarkan Laporan Keuangan Kuartal I Tahun Fiskal 2022, yang diumumkan pada April lalu, Danamon mencatatkan kinerja positif di kuartal I-2022. Fokus Danamon pada pertumbuhan granular funding berhasil meningkatkan Giro dan Tabungan (CASA) sebesar 12 persen dengan rasio CASA mencapai 60,5%, naik dari 54,7% yang tercatat pada periode yang sama tahun lalu.

Kualitas aset

Danamon juga terus menunjukkan peningkatan. Rasio Non-Performing Loan (NPL) coverage mencapai 209 persen pada kuartal I-2022, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang tercatat sebesar 177 persen.
 
Di kuartal I-2022, rasio NPL gross juga membaik 50 bps menjadi 2,8 persen sementara persentase Loan at Risk (LAR), yang mencakup covid restructured loans under forbearance sebesar 15,4 persen, membaik 60 bps bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Indikator keuangan ini berkontribusi pada profitabilitas Danamon yang ditandai dengan tren quarterly yang stabil dari Net Interest Margin (NIM) sebesar 7,9 persen, sementara laba operasional tumbuh 49 persen year-on-year.
 
Pada akhir kuartal I-2022, Laba Bersih Setelah Pajak (NPAT) Danamon mencapai Rp860 miliar, meningkat sebesar 65 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Kredit di segmen Enterprise Banking, yang terdiri dari Perbankan Korporasi dan Komersial serta Lembaga Keuangan, naik 10 persen mencapai Rp61 triliun jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
 
Pertumbuhan ini didukung oleh kolaborasi Danamon dengan jaringan MUFG dan fokusnya pada nasabah blue-chip dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pada periode yang sama dan seiring dengan pulihnya sektor pembiayaan kendaraan bermotor, Adira Finance, mengalami peningkatan pada pembiayaan baru sebesar 33 persen jika dibandingkan dengan kuartal pertama tahun lalu.
 
Di sisi lain, pengalaman panjang MUFG di sektor keuangan global telah membantu Danamon dalam menerapkan berbagai strategi bisnis secara lebih efektif, termasuk berbagai investasi di Saluran Digital, IT, Branding, dan Sumber Daya Manusia. Di 2021, misalnya, Danamon meluncurkan aplikasi mobile banking yaitu D-Bank PRO. Aplikasi ini memberikan sebuah pengalaman omni-channel kepada para nasabah dengan berbagai kemudahan untuk melakukan begitu banyak transaksi keuangan, mulai dari pembelian paket data internet, pembelian token PLN dan pembayaran listrik, pembayaran zakat, belanja online (e-commerce), QRIS hingga penukaran valuta asing dan remittance.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(AHL)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan