Ilustrasi. Foto: grafis Medcom.id.
Ilustrasi. Foto: grafis Medcom.id.

Kesadaran Berasuransi saat Pandemi Meningkat, PermataBank Gandeng Astra Life

Ade Hapsari Lestarini • 18 Maret 2021 12:22
Jakarta: Pandemi covid-19 secara tidak langsung telah menjadi katalis dalam meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kesehatan dan pengaturan finansial. Termasuk pentingnya asuransi untuk memitigasi risiko-risiko kesehatan untuk diri sendiri dan keluarga.
 
Kondisi ini dibuktikan oleh survei lembaga riset Nielsen mengungkapkan kesadaran masyarakat untuk memiliki produk asuransi jiwa di kota-kota besar di Indonesia belakangan ini meningkat hingga 24 persen, dari sebelumnya hanya single digit.
 
Menurut data yang dikeluarkan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) pada Maret 2021, jumlah pendapatan premi asuransi jiwa pada kuartal III dan kuartal IV-2020 meningkat sebesar 81,7 persen dari Rp50,56 triliun menjadi Rp91,86 triliun dan optimistis akan terus meningkat.

Selain itu angka pembayaran klaim terkait kesehatan juga meningkat yaitu Rp5,22 triliun di kuartal II-2020 menjadi Rp9,88 triliun di kuartal IV-2020.
 
Sejalan dengan itu, PermataBank dan Astra Life terus berkomitmen dengan berinovasi dalam melayani masyarakat Indonesia. Termasuk menghadirkan asuransi kesehatan yang sudah terdigitalisasi.
 
Program e-bancassurance yang bernama AVA iFamily Protection di PermataMobile X tersebut merupakan asuransi kesehatan yang mudah diakses, serta memiliki proses pengajuan praktis, pilihan manfaat asuransi beragam, premi terjangkau, hingga fitur polis asuransi elektronik (e-polis) dan tersedia bagi seluruh nasabah PermataBank melalui PermataMobile X.
 
Astra Life dan PermataBank telah berkolaborasi lebih dari enam tahun melalui bentuk kerja sama bancassurance. Hasil kerja sama antara PermataBank dan Astra Life melalui jalur e-Bancassurance PermataMobile X ini telah mencatat hasil yang positif yaitu peningkatan penjualan lebih dari 700 kali lipat pada akhir semester dua 2020 dibandingkan saat peluncurannya di semester satu 2020 (Februari).
 
Hal tersebut membuktikan bahwa produk asuransi yang sesuai kebutuhan dengan proses pembelian yang mudah adalah jawaban dari kebutuhan perlindungan jiwa dan kesehatan keluarga Indonesia di masa pandemi ini.
 
"Kami fokus dalam meningkatkan layanan digital Astra Life untuk kemudahan nasabah. Ini lah yang menjadi pedoman kami untuk memberikan produk dan layanan terbaik dengan keunggulan fitur premi kembali 100 persen sehingga tidak membebani keuangan keluarga, hingga santunan rawat inap hingga Rp3 juta per hari," jelas Head of Bancassurance & Direct Business Astra Life Ancilla Lily dalam keterangan resminya, Kamis, 18 Maret 2021.
 
Head of Wealth Management Retail Liabilities Products & Customer Segment PermataBank Ursula Sista Pravesthi, menambahkan kerja sama ini diharapkan dapat melengkapi pengalaman yang seamless dan terbaik bagi nasabah melalui aplikasi PermataMobile X dan meningkatkan engagement nasabah dengan PermataBank.
 
"Proses pengajuan yang praktis dan singkat, pilihan manfaat asuransi yang beragam serta premi yang terjangkau hingga fitur e-polis yang dikirim langsung ke alamat e-mail nasabah merupakan beragam keunggulan dari fitur pembelian produk asuransi pada PermataMobile X. Semua proses terjadi dengan fast, reliable, dan simple," tuturnya.
 
AVA iFamily Protection adalah produk perlindungan kesehatan yang memberikan manfaat meninggal dunia karena sakit dan kecelakaan, Santuan Rawat Inap dan Santunan Rawat Inap ICU, serta Manfaat penggantian Biaya Rawat Jalan Darurat.
 
Saat ini sudah terdapat lima produk Astra Life di PermataMobileX yaitu AVA iPlan Protection, AVA iSave Protection, AVA iPro Proteksi Dini, AVA Proteksi Tangguh, dan AVA iFamily Protection.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(AHL)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan