Ilustrasi pergerakan IHSG hari ini - - Foto: AFP/ Adek Berry
Ilustrasi pergerakan IHSG hari ini - - Foto: AFP/ Adek Berry

Inflasi Global Bikin IHSG Menguat Terbatas Hari Ini

Annisa ayu artanti • 19 Mei 2022 09:08
Jakarta: Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diprediksi menguat terbatas lantaran investor masih mencermati kebijakan Fed dalam memerangi inflasi.

Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christopher mengatakan, inflasi menjadi tekanan tersendiri terhadap bursa saham. IHSG akan bergerak di level support 6.640-6.716 dan resistance 6.836-6.880.
 
"Kita lihat ekonomi kreatif memiliki strategi-strategi yang ada untuk meningkatkan produktivitas perempuan pasca pandemi," katanya dalam riset harian, Kamis, 19 Mei 2022.
 
Namun secara teknikal, pergerakan IHSG diindikasi menguat karena candlestick membentuk higher high dan higher low yang artinya ada potensi bergerak positif naik. Ia menyebutkan 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pergerakan akan didorong rilis kinerja emiten per kuartal I-2022," ujarnya.

 
Dennies menuturkan, jika menilik bursa global, tiga  bursa Amerika Serikat kompak ditutup melemah. Dow Jones ditutup minus 3,57 persen, Nasdaq ditutup melemah 4,73 persen, dan S&P 500 ditutup melemah 4,04 persen.
 
"Wall Street berakhir melemah tajam pada hari Rabu menyoroti kekhawatiran tentang ekonomi Amerika Serikat setelah pengecer menjadi korban terbaru dari lonjakan harga," jelasnya.
 
Menurutnya, meningkatnya inflasi, konflik di Ukraina, gangguan rantai pasokan yang berkepanjangan, penguncian terkait pandemi di Tiongkok, dan pengetatan kebijakan moneter oleh bank sentral telah membebani pasar keuangan baru-baru ini sehingga memicu kekhawatiran tentang perlambatan ekonomi global.
 
"Bank sentral AS akan menaikkan suku bunga setinggi yang diperlukan untuk membunuh lonjakan inflasi yang katanya mengancam fondasi ekonomi," imbuhnya. Hal tersebut akan menjadi sentimen bagi pergerakan IHSG kedepannya. 

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif