Digital Banking Acquisition, Service & Marketing Head Bank BTPN Anita Ekasari. Foto: Medcom.id
Digital Banking Acquisition, Service & Marketing Head Bank BTPN Anita Ekasari. Foto: Medcom.id

3 Karakter Penerima THR, Kamu yang Mana?

Ade Hapsari Lestarini • 14 April 2023 12:08
Jakarta: Sudah hampir satu bulan masyarakat digital savvy menjalani bulan suci Ramadan. Sebentar lagi, Lebaran menjelang. Beberapa perilaku masyarakat digital savvy pada Idulfitri 2023 ini terkuak.
 
Digital savvy adalah mereka yang sudah melek teknologi dan memiliki kemampuan untuk memanfaatkan teknologi tersebut. Terkait ini, Jenius dari Bank BTPN melakukan sebuah studi bertajuk Jenius Study: Perilaku Masyarakat Digital Savvy Menjelang Idulfitri 2023.
 
Digital Banking Acquisition, Service & Marketing Head Bank BTPN Anita Ekasari menjelaskan, Jenius mengamati perilaku masyarakat digital savvy yang mempertahankan kebiasaan-kebiasaan finansial, baik dari masa pandemi pada momen Ramadan dan Idulfitri kali ini.

"Kita telah melewati momen Ramadan dan Idulfitri dengan berbagai macam cara, mulai dari merayakan di rumah saja karena situasi pandemi, hingga kini situasinya yang telah berangsur normal," kata Anita, dalam surveinya, Jumat, 14 April 2023.
 
Baca juga: Tips Liburan Hemat Biar THR Gak Terbang Gitu Aja

Meskipun pandemi sudah berangsur membaik, ternyata kebiasaan-kebiasaan finansial baik masih dibawa hingga saat ini. Banyak anggota masyarakat yang mulai menyisihkan tunjangan hari raya (THR) yang mereka terima untuk menabung bahkan berinvestasi. 
 
Jenius Study: Perilaku Masyarakat Digital Savvy Menjelang Idulfitri 2023 yang dilangsungkan pada Maret-April 2023 ini melibatkan 127 responden berusia 18-40 tahun, mengungkapkan 76 persen responden menerima THR pada Idulfitri kali ini.
 
Masih menurut Jenius Study yang sama, terdapat tiga karakter digital savvy saat menerima THR, yaitu:

The Saver

Sebanyak 41 persen dari karakter ini mengalokasikan THR untuk menabung. Karakter ini sekitar 30 persen mengalokasikan dana THR untuk dana darurat, namun 20 persen dari mereka mengalokasikannya untuk liburan. Berikut rinciannya:
  1. Sebanyak 30 persen dana darurat.
  2. Sebanyak 25 persen mewujudkan wishlist.
  3. Sebanyak 20 persen liburan.
  4. Sebanyak 15 persen dana pendidikan.
  5. Sebanyak 5 persen dana menikah.
  6. Sebanyak 5 persen beli tiket konser.
  7. Sebanyak 5 persen tabungan kurban.
Baca juga: Jangan Sampai Habis Lebaran Kantong Jadi Boncos, Begini Cara Ngaturnya!

The Spender

Sebanyak 40 persen dari mereka mengalokasikan THR untuk langsung dibelanjakan. Alokasi THR untuk belanja kebutuhan Idulfitri masih mendominasi yaitu sebesar 67 persen.
 
Menariknya, 28 persen dari karakter ini mengalokasikan dana THR mereka untuk melunasi utang agar kondisi finansial mereka lebih optimal. Berikut rinciannya:
  1. Sebanyak 67 persen kebutuhan Lebaran.
  2. Sebanyak 34 persen salam tempel.
  3. Sebanyak 33 persen biaya transportasi.
  4. Sebanyak 28 persen bayar cicilan.
  5. Sebanyak 23 persen hantaran/hampers.
  6. Sebanyak 15 persen hiburan.

The Investor

Karakter ini sebanyak 19 persen dari mereka mengalokasikan THR untuk berinvestasi. Karakter The Investor, 39 persen dari mereka menggunakan dana THR untuk dana darurat dan mewujudkan mimpi. Berikut rinciannya:
  1. Sebanyak 39 persen dana darurat.
  2. Sebanyak 39 persen mewujudkan wishlist.
  3. Sebanyak 11 persen dana pendidikan.
  4. Sebanyak 6 persen beli rumah atau apartemen.
  5. Sebanyak 6 persen reparasi mobil.
"Ramadan dan Lebaran adi momen khusus, kita bisa belajar mengendalikan diri dan mengendalikan nafsu, belajar tidak terburu-buru. Ramadan perputaran uang tertinggi dalam setahun, karena bulan ini penuh berkah, banyak orang fokus perbanyak amal," ungkap dia.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(AHL)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan