Ilustrasi industri ritel  - - Foto: MI/ Andri Widiyanto
Ilustrasi industri ritel - - Foto: MI/ Andri Widiyanto

Berkat Layanan Online, Kinerja Penjualan Eceran Juli 2021 Membaik

Husen Miftahudin • 09 September 2021 13:55
Jakarta: Bank Indonesia (BI) melaporkan hasil Survei Penjualan Eceran (SPE) pada Juli 2021 secara bulanan membaik meskipun secara tahunan tercatat menurun. Indeks Penjualan Riil (IPR) pada Juli 2021 tercatat sebesar 188,6.
 
Angka tersebut membaik dengan kontraksi yang mengecil dari sebelumnya minus 12,8 persen (mtm) pada Juni 2021 menjadi sebesar minus 5,0 persen (mtm). Perbaikan tersebut terutama bersumber dari Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau yang tercatat mengalami kontraksi sebesar minus 0,2 persen (mtm), atau membaik dari minus 15,7 persen (mtm) pada bulan sebelumnya.
 
"Responden menyampaikan telah menyiapkan sejumlah strategi antara lain melalui penjualan secara online atau pesan antar sebagai upaya untuk menjaga kinerja penjualan di tengah penerapan penerapan PPKM darurat," jelas hasil survei yang diungkap Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam keterangannya, Kamis, 9 September 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Secara tahunan, penjualan eceran Juli 2021 diindikasi terkontraksi sebesar minus 2,9 persen (yoy) atau mengalami penurunan dibandingkan Juni yang tumbuh positif 2,5 persen (yoy). Sebagian besar kelompok tercatat mengalami kontraksi.
 
Kelompok yang mengalami kontraksi terdalam pada Kelompok Peralatan Informasi dan Komunikasi yang minus 36,5 persen (yoy). Kemudian Kelompok Perlengkapan Rumah Tangga Lainnya yang terkontraksi minus 22,3 persen (yoy) serta Barang Budaya dan Rekreasi yang minus 20,0 persen (yoy).
 
Sementara Kelompok Bahan Bakar Kendaraan Bermotor dan Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau tercatat tumbuh melambat masing-masing menjadi sebesar 4,5 persen (yoy) dan 6,7 persen (yoy) dari sebelumnya sebesar 47,4 persen (yoy) dan 7,3 persen (yoy).
 
Dalam survei yang sama, Bank Indonesia memperkirakan kinerja penjualan eceran pada Agustus 2021 bakal moncer, baik secara bulanan maupun tahunan. Indeks Penjualan Riil (IPR) Agustus 2021 diprakirakan sebesar 196,5 atau tumbuh 4,3 persen (mtm) atau berbalik arah dibandingkan bulan sebelumnya yang terkontraksi hingga minus 5,0 persen (mtm).
 
Mayoritas kelompok mengalami pertumbuhan, terutama Kelompok Suku Cadang dan Aksesoris dan Bahan Bakar Kendaraan Bermotor yang masing-masing tumbuh 24,9 persen (mtm) dan 13,4 persen (mtm).
 
"Pada bulan sebelumnya, Kelompok Suku Cadang dan Aksesoris dan Bahan Bakar Kendaraan Bermotor terkontraksi hingga minus 24,7 persen (mtm) dan minus 22,0 persen (mtm)," pungkas Erwin.

 
(Des)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif