Ilustrasi baru 7 BUMN realisasikan buyback saham - - Foto: Medcom/Desi Angriani
Ilustrasi baru 7 BUMN realisasikan buyback saham - - Foto: Medcom/Desi Angriani

Baru 7 BUMN Realisasikan Buyback Saham

Ekonomi bursa saham bei Buyback
Annisa ayu artanti • 24 April 2020 15:17
Jakarta: Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat baru tujuh perusahaan BUMN merealisasikan aksi pembelian kembali (buyback) saham tanpa RUPS. Hal ini dilakukan dalam rangka menopang kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang melemah sejak awal tahun.

"Sudah ada tujuh BUMN yang melakukanbuybacksaham. Totalbuybackoleh perusahaan BUMN sebesar Rp181 miliar," kata Inarno dalam siaran virtual, Jumat, 24 April 2020.
 
Berdasarkan data BEI masih terdapat lima BUMN yang belum merealisasikan aksi tersebut. Sementara, total nilaibuybacksaham tersebut masih jauh dari rencanabuybacksaham BUMN yang sebesar Rp10,15 triliun.
 
"Total nilaibuybackyang telah dilakukan perusahaan BUMN adalah sebesar Rp181 miliar, 1,8 persen dari total rencanabuybackseluruh perusahaan BUMN," sebutnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk aksibuybackyang dilakukan perusahaan non BUMN, Inarno menyebut sudah mencapai 66 persen. Sebanyak 35 perusahaan dari 53 perusahaan sudah melakukan aksi. Adapun realisasi nilai buyback oleh perusahaan non BUMN ini mencapai Rp694 miliar.
 
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebelumnya mengatakan sebanyak 60 perusahaan tercatat akan melakukan buyback saham dengan nilai mencapai Rp17,28 triliun. Upayabuybacksaham ini dipercaya menjadi menopang kinerja IHSG yang terus mengalami penurunan.

 

(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif