Ilustrasi. FOTO: MI/RAMDANI
Ilustrasi. FOTO: MI/RAMDANI

BEI: Belum Ada Emiten BUMN Bakal Buyback Saham

Ekonomi ihsg bei pasar modal Buyback
Annisa ayu artanti • 12 Maret 2020 09:39
Jakarta: Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan belum punya laporan dari emiten pelat merah mengenai rencana melakukan pembelian kembali saham atau buyback saham di tengah terpuruknya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).
 
"Sampai saat ini berdasarkan pemantauan kami, belum ada BUMN yang melakukan keterbukaan informasi dimaksud," kata Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna, di Jakarta, Rabu malam, 11 Maret 2020.
 
Bursa, katanya, akan selalu memantau rencana aksi yang akan dilakukan setiap emiten. Mengenai buyback saham, dia menjelaskan, otoritas telah mengizinkan dan mempermudah aksi tersebut. Di kritis saat ini, buyback bisa dilakukan melalui tanpa melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kebijakan ini diterapkan bertujuan untuk menahan penurunan harga saham saat ini yang cukup dalam karena kondisi global.
 
"Sebagaimana diketahui, OJK telah menerbitkan SE No.3/SEOJK.4/2020 tentang kondisi lain yang memenuhi syarat untuk dilakukan buyback tanpa melalui mekanisme RUPS sebagaimana diatur oleh POJK 2/ POJK.04/2013 tentang buyback kondisi krisis," jelasnya.
 
Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebelumnya telah mengizinkan 12 perusahaan pelat merah untuk melakukan aksi buyback saham dengan nilai total mencapai Rp8 triliun.
 
Sebanyak 12 perusahaaan BUMN tersebut yakni PT Bank Republik Indonesia atau BRI, Bank Mandiri, BTN, PT Wijaya Karya, PT Adhi Karya, PT Jasa Marga, PT Waskita Karya, PT Aneka Tambang atau Antam, PT Bukit Asam, PT Timah, dan lainnya.
 
Periode aksinya diserahkan pada masing-masing perusahaan. "Tadi sudah koordinasi untuk buyback saham, ada 12 BUMN yang akan buyback nilainya Rp7 triliun sampai Rp8 triliun," kata Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga.
 

(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif