Ketua Dewan Pengurus AAJI Budi Tampubolon. FOTO: Medcom.id/Husen Miftahudin
Ketua Dewan Pengurus AAJI Budi Tampubolon. FOTO: Medcom.id/Husen Miftahudin

AAJI Luncurkan Peta Jalan Industri Asuransi Jiwa Indonesia

Ekonomi asuransi asuransi jiwa Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI)
Angga Bratadharma • 25 April 2022 09:16
Jakarta: Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) resmi meluncurkan peta jalan industri asuransi jiwa untuk mendorong penguatan tata kelola dan transformasi digital industri asuransi jiwa di Indonesia. Hal itu agar mampu beradaptasi hingga ke masa depan mengingat persaingan kian sengit di industri jasa keuangan.
 
Ketua Dewan Pengurus AAJI Budi Tampubolon mengungkapkan peresmian peta jalan ini bertujuan untuk mendorong transformasi industri asuransi jiwa dan seluruh pemangku kepentingan. AAJI melihat bahwa tantangan yang dihadapi oleh industri ke depan akan kian meningkat dan dinamis.
 
Sebagai contoh, tambahnya, pertumbuhan tertanggung individu yang akan terus ditingkatkan, urgensi dalam meningkatkan penetrasi pasar, hingga kebutuhan untuk berinovasi dalam menghadapi era perkembangan teknologi yang disruptif menjadi tantangan utama industri asuransi jiwa di Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Artinya, masih kata Budi, diperlukan inisiasi transformasi industri dalam rangka akselerasi peningkatan kualitas dan pertumbuhan industri asuransi jiwa. Adapun penyusunan peta jalan industri asuransi jiwa Indonesia dibutuhkan dalam mendorong perkembangan industri asuransi jiwa di Indonesia.
 
"Guna menjadikan industri asuransi jiwa semakin menjadi bagian dari masyarakat, terus bertumbuh, dan mampu terus berkontribusi dalam mendorong pembangunan nasional Indonesia," kata Budi, dalam keterangan tertulisnya, Senin, 25 April 2022.
 
Budi melanjutkan, peta jalan ini mencakup beberapa hal yaitu penguatan struktur permodalan, peningkatan kualitas pengaturan dan pengawasan, peningkatan kualitas manajemen operasional dan sumber daya manusia, serta peningkatan perlindungan serta pelayanan nasabah.
 
Dari cakupan tersebut, ada tiga tujuan utama dalam perumusan peta jalan ini yaitu menjadikan industri asuransi jiwa semakin bertumbuh dan memberikan perlindungan ke seluruh masyarakat Indonesia, semakin sehat, dan berkualitas dalam berperan dan berkontribusi dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat.
 
"Serta dicintai oleh masyarakat Indonesia," kata Budi.

Unggul dan berdaya saing tinggi

Melalui peta jalan ini, tambahnya, AAJI mendorong terwujudnya industri asuransi jiwa Indonesia yang unggul dan berdaya saing tinggi di sektor jasa keuangan Indonesia. Hal tersebut dilakukan melalui peningkatan operational excellence industri asuransi jiwa dengan melakukan penguatan pada aspek tata kelola perusahaan yang baik, kepatuhan, dan manajemen risiko.
 
Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu menegaskan AAJI berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas manajemen dan operasional industri asuransi jiwa melalui penguatan struktur organisasi eksekutif berbasis manajemen risiko. Selain itu, AAJI juga mendorong industri memperkuat kepercayaan yang telah diberikan oleh masyarakat selama ini.
 
"Melalui peningkatan integritas tata kelola dan penyempurnaan regulasi untuk mendukung kepatuhan terhadap standar pelaporan keuangan internasional," pungkasnya.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif