Ilustrasi. FOTO: MI/ROMMY PUJIANTO
Ilustrasi. FOTO: MI/ROMMY PUJIANTO

Lonjakan Penjualan Ritel Kerek Kinerja Penyaluran Pembiayaan Home Credit

Angga Bratadharma • 29 Juni 2022 16:09
Jakarta: Seiring pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), tren mobilitas masyarakat mengalami peningkatan drastis pada awal kuartal II-2022. Mengacu data Google Mobility Indeks, tren mobilitas menuju tempat retail dan rekreasi meningkat 24 persen pada akhir April 2022 dibandingkan dengan minus delapan persen pada akhir April 2021.  
 
Peningkatan tren mobilitas tersebut yang disertai dengan pemulihan daya beli masyarakat Indonesia turut mengakselerasi penjualan ritel di April 2022. Diharapkan kondisi ini bisa terus berlanjut dan memberi efek positif terhadap pemulihan ekonomi Indonesia usai terhantam keras pandemi covid-19.

 
Dalam Survei Penjualan Eceran (SPE) April 2022 yang dirilis Bank Indonesia pada Mei 2022, kinerja penjualan ritel yang ditunjukkan melalui Indeks Penjualan Riil (IPR) diperkirakan meningkat 6,8 persen secara bulanan pada April 2022 dibandingkan dengan 2,6 persen pada Maret 2022 karena peningkatan aktivitas ekonomi di bulan Ramadan serta menjelang Idulfitri.
Baca: Agar Subsidi Tepat Sasaran Beli Pertalite Harus Daftar

Chief Financial Officer PT Home Credit Indonesia Sylvia Lazuarni mengatakan mengacu kepada data SPE April 2022 yang dirilis oleh Bank Indonesia tersebut, peningkatan penjualan eceran terjadi di sejumlah kelompok barang, di antaranya kelompok peralatan informasi dan komunikasi (meningkat 5,15 persen) serta subkelompok sandang (10,7 persen).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kinerja yang positif itu turut memacu pembiayaan yang disalurkan Home Credit pada sepanjang Ramadan 2022 di mana perusahaan membukukan pertumbuhan pembiayaan barang yang disalurkan sebesar 5,2 persen menjadi Rp710 miliar dibandingkan dengan Ramadan 2021," kata Sylvia, dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 29 Juni 2022.
 
Lebih lanjut, Sylvia menjelaskan, Home Credit menyalurkan pembiayaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang semakin beragam sebagai bagian dari komitmen dalam menyediakan layanan keuangan yang tepat dan terjangkau sesuai kebutuhan pelanggan.
 
"Dalam menyalurkan layanan keuangan, Home Credit senantiasa memberikan pemahaman menyeluruh terkait layanan yang digunakan pelanggan agar sesuai dengan kapasitas mereka dalam mengelola keuangan, termasuk juga edukasi akan literasi keuangan yang turut digalakkan," pungkasnya.

 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif