Ilustrasi. FOTO: MI/ATET DWI PRAMADIA
Ilustrasi. FOTO: MI/ATET DWI PRAMADIA

Legislator Harap Masalah Pajak Bank Panin Tidak Rugikan Debitur

Ekonomi Perbankan pajak DPR RI Bank Panin
Antara • 28 April 2022 07:15
Jakarta: Anggota Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Hendrawan Supratikno mengharapkan permasalahan pajak 2016 senilai Rp1,3 triliun yang dialami Bank Panin tidak merugikan para debitur maupun nasabah.
 
"Debitur tidak pernah masuk ke urusan pajak korporasi, wilayah yang sering dirahasiakan oleh petinggi korporasi," kata Hendrawan, dilansir dari Antara, Kamis, 28 April 2022.
 
Ia meminta hukum dapat ditegakkan secara berkeadilan dan regulator tidak boleh tunduk pada pihak-pihak yang merugikan keuangan negara dan mengganjal upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Harapan kami semua diselesaikan sesuai ketentuan perundang-perundangan yang berlaku. Tidak boleh kesalahan manajemen korporasi dibebankan kepada nasabah yang tidak paham duduk persoalannya dan debitur atau nasabah telah mengikuti mekanisme yang berlaku," katanya.
 
Hendrawan menegaskan agar kasus rekayasa pajak ini jangan sampai dijadikan kesempatan bagi korporasi untuk merugikan para debitur maupun nasabah yang sama sekali tidak terlibat dalam persoalan ini.
 
Sebelumnya, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan telah melakukan pemeriksaan ulang kepada Bank Panin atas pembukuan 2016. Pemeriksaan ulang ini dilakukan seiring dengan terbongkarnya kasus dugaan suap rekayasa pajak dengan kewajiban pajak yang harus dibayarkan PT Bank PAN Indonesia (Panin) Tbk pada 2016 mencapai Rp1,3 triliun.
 
Namun pada kenyataannya bank hanya membayar pajak sebesar Rp303 miliar pada periode tersebut dan berdasarkan pemeriksaan ulang ditemukan kurang bayar pajak sebesar Rp926,2 miliar.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif