Ilustrasi. FOTO: MI/RAMDANI
Ilustrasi. FOTO: MI/RAMDANI

Awali Pekan, IHSG Bakal Melemah Dibayangi Kekhawatiran Suku Bunga The Fed

Annisa ayu artanti • 04 Juli 2022 09:22
Jakarta: Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diprediksi melemah. Adapun pelemahan didorong oleh sikap investor yang khawatir terhadap kebijakan The Fed yang akan kembali menaikkan suku bunga hingga 75 bps di Juli.
 
"Investor cukup khawatir akan ekspektasi kenaikan suku bunga The Fed di Juli ini," kata Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper, dalam riset hariannya, Senin, 4 Juli 2022.
 
Ia menjelaskan secara teknikal candlestick membentuk long black body dengan stochastic melebar setelah deadcross dan MACD dalam tren distribusi yang mengindikasikan pelemahan. IHSG diprediksi bergerak pada kisaran level support 6.674-6.734 dan resistance 6.897-7.000.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sementara di awal pekan akan minim sentimen dari data ekonomi," ujarnya.
Baca: Menparekraf: Desa Wisata Jadi Program Unggulan

Namun bila menilik bursa global, terutama bursa Amerika Serikat, indeks utama Wall Street kembali bangkit pada akhir perdagangan Jumat, meski secara mingguan masih mencatat penurunan. Menurutnya investor memulai paruh kedua tahun ini menjelang libur panjang akhir pekan.
 
Kini, pelaku pasar tengah menanti musim pendapatan kuartal II-2022, data laporan ketenagakerjaan Juni, dan pertemuan kebijakan moneter Federal Reserve pada Juli. Sedangkan laporan ISM tampaknya mendukung pandangan bahwa ekonomi sedang melandai dan inflasi tampaknya telah melewati puncaknya.

 
"Hal ini telah meningkatkan kemungkinan Fed mungkin memiliki ruang gerak untuk poros dovish setelah kenaikan suku bunga 75 basis poin kedua berturut-turut yang diharapkan pada Juli," pungkasnya.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif