Ilustrasi. Foto: Dok.MI
Ilustrasi. Foto: Dok.MI

Orang Kaya Masih Berhemat, Tabungan di Atas Rp5 Miliar Melonjak

Ekonomi bank mandiri menabung pandemi covid-19
Eko Nordiansyah • 13 Oktober 2020 13:45
Jakarta: Kepala Ekonom Bank Mandiri Andry Asmoro menyebut kenaikan menabung di masyarakat masih meningkat di masa pandemi. Bahkan untuk tabungan masyarakat di atas Rp5 miliar tumbuh cukup pesat sampai dengan Agustus 2020.
 
"Kalau kita lihat Agustus ini, penabung di atas Rp5 miliar itu sudah naik Rp373 triliun year to date (ytd). Kalau kita bandingkan tahun lalu, itu hanya Rp115 triliun," kata dia dalam seminar virtual di Jakarta, Selasa, 13 Oktober 2020.
 
Ia menambahkan peningkatan pesat penabung kelompok ini bahkan lebih besar dibandingkan 2018 yang sebesar Rp130 triliun dan Rp162 triliun di 2019. Kelompok penabung di atas Rp5 miliar ini terdiri dari masyarakat dan institusi menengah atas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk tahun ini, pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) perbankan diprediksi bisa diatas delapan persen, dengan pertumbuhan kredit hanya 1,5 persen. Artinya kecenderungan masyarakat untuk saving lebih besar dibandingkan untuk konsumsi.
 
"Itu mengindikasikan orang prefer to saving, karena masih uncertainty. Dengan kondisi seperti itu, memang perlu ada penyeimbang untuk mendorong permintaan dan competitiveness. Ini perlu diperhatikan di 2021 nanti," ungkapnya.
 
Jika dirinci, jumlah penabung pada Agustus 2020 saja meningkat Rp148 triliun atau 30,97 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Dibandingkan tahun lalu, jumlah penabung meningkat hanya Rp113 triliun saja pada Juni 2019.
 
Andry menjelaskan untuk masyarakat kelas menengah atas masalah confident menjadi kendala mereka untuk berbelanja meski memiliki uang. Bahkan dalam kondisi peningkatan kasus covid-19, mereka memiliki kemampuan untuk bertahan di rumah.
 
"Pendapatan middle to upper itu menentukan spending secara keseluruhan. Kalau dari data, masalah peningkatan kasus sampai September, ke supermarket ke retail itu flat," pungkas dia.

 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif