Ilustrasi - - Foto: dok MI
Ilustrasi - - Foto: dok MI

Akhirnya Mind ID Tuntaskan Pembelian Saham Vale

Ekonomi vale indonesia inalum holding tambang
Annisa ayu artanti • 08 Oktober 2020 10:57
Jakarta: PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) atau Holding Pertambangan Mining Industry Indonesia (MIND ID) akhirnya menuntaskan transaksi pembelian 20 persen saham. PT Vale Indonesia Tbk (INCO). Nilai transaksi divestasi tersebut mencapai Rp5,5 triliun.
 
CEO dan Presiden Direktur INCO Nico Kanter menjelaskan sebanyak 20 persen saham yang dijual dan dialihkan kepada Inalum masing-masing terdiri dari 14,9 persen dan 5,1 persen dari kepemilikan saham Vale Canada Limited (VCL) dan Sumitomo Metal Mining Co., Ltd. (SMM) di PT Vale Indonesia.
 
"Penyelesaian divestasi ini menempatkan PT Vale pada posisi yang tepat untuk tetap berkontribusi bagi pembangunan Indonesia dan memperkuat komitmen jangka panjang PT Vale terhadap pengolahan," kata Nico dikutip dari keterangan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis, 8 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah menyelesaikan transaksi, VCL memiliki 44,3 persen saham dan SMM memiliki 15 persen saham di PT Vale Indonesia dengan total sebesar 59,3 persen saham.
 
Secara struktur kepemilikan saham, PT Vale Indonesia menjadi Vale Canada Limited sebesar 43,79 persen, Sumitomo Metal Mining Co., Ltd. sebesar 15,03 persen, Vale Japan Limited sebesar 0,55 persen, Sumitomo Corporation sebesar 0,14 persen, PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) sebesar 20 persen, dan publik 20,49 persen.
 
"Kami percaya bahwa kemitraan strategis jangka panjang dalam mengelola sumber daya mineral di Indonesia ini sangat berharga bagi semua pemegang saham dan para pemangku kepentingan" imbuhnya.
 
Ia menambahkan Vale menyambut baik Inalum sebagai pemegang saham dan mengapresiasi aliansi antara VCL, SMM, dan Inalum.
 
"Hal ini memperkuat komitmen jangka panjang PT Vale terhadap kemakmuran, keberlanjutan, dan pemberdayaan lokal di Indonesia. Kami juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Republik Indonesia atas dukungannya yang tiada henti," tukasnya.
 
Sebelumnya emiten dengan kode VALE ini melaporkan bahwa tenggat waktu penandatangan perjanjian definitif ditunda hingga akhir Mei 2020. Adapun isi perjanjian definitif meliputiConditional Share Purchase Agreement(CSPA),Shareholder AgreementdanOfftaker Agreement.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif