Presiden Direktur Bank Commonwealth Lauren Sulistiawati. FOTO: MI/ROMMY PUJIANTO
Presiden Direktur Bank Commonwealth Lauren Sulistiawati. FOTO: MI/ROMMY PUJIANTO

UMKM Perlu Bantuan dan Pendampingan untuk Tumbuh di Tengah Pandemi

Ekonomi UMKM mastercard bank commonwealth UMKM Indonesia
Angga Bratadharma • 23 Juni 2021 09:23
Jakarta: Mastercard dan PT Bank Commonwealth (Bank Commonwealth) terus berupaya memacu pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia seiring dengan besarnya peranan UMKM terhadap struktur perekonomian Indonesia. Dukungan diperlukan mengingat pandemi covid-19 masih belum berakhir.
 
Salah satu dukungan yang dilakukan oleh Mastercard dan Bank Commonwealth yakni melalui MicroMentor Indonesia (MMI), program yang diluncurkan dua tahun lalu bekerja sama dengan Mercy Corps Indonesia. Sejak dimulai, program ini telah menjangkau hampir 27 ribu UMKM dan 20 ribu relawan mentor di Indonesia.
 
Program ini juga telah mencapai 50 ribu interaksi dengan UMKM dan pendampingan relawan melalui kegiatannya. Didukung Kementerian Koperasi dan UKM, MMI bertujuan menghubungkan UMKM dengan mentoring bisnis dan pelatihan keamanan siber untuk mendukung target kementerian yaitu 30 juta UMKM menjadi bagian dari ekosistem digital pada 2024.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Usaha mikro dan kecil di Indonesia sangat terpukul akibat pandemi. Survei dari bank sentral Indonesia melaporkan bahwa terdapat 87,5 persen pelaku UMKM terkena dampak covid-19. Hal itu menjadi sebuah masalah yang signifikan di negara di mana 97 persen dari semua pekerjaan disediakan oleh usaha keci.
 
Presiden Direktur Bank Commonwealth Lauren Sulistiawati mengatakan pada 2014 Bank Commonwealth meluncurkan program literasi keuangan bagi pengusaha UMKM Perempuan melalui Womenpreneur Indonesia for Sustainability and Empowerment (WISE). Hingga Mei 2021, program ini telah mendukung 106 ribu pengusaha UMKM perempuan.
 
"Kami senang dapat terus mendukung pertumbuhan bisnis UMKM di Indonesia melalui MMI yang bekerja sama dengan Mastercard dan Mercy Corps Indonesia. UMKM berperan penting dalam mendukung perekonomian Indonesia," kata Lauren, dalam konferensi pers virtual, Selasa, 22 Juni 2021.
 
Menurutnya pendampingan UMKM sangat dibutuhkan agar pengembangan UMKM di Indonesia menjadi lebih kompetitif dan tangguh, terutama di situasi yang penuh tantangan saat ini sebagai dampak dari pandemi covid-19. Bank Commonwealth percaya program seperti MMI akan berperan besar dalam membantu UMKM Indonesia.
 
"Dalam mendapatkan pelatihan dan pembinaan yang relevan berdasarkan kebutuhan spesifiknya," ujar Lauren Sulistiawati.
 
Direktur Eksekutif Mercy Corps Indonesia Ade Soekadis menambahkan mendukung wirausaha dan pemilik usaha sangat penting untuk pertumbuhan inklusif di Indonesia karena usaha mikro dan kecil ini menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat yang kurang terlayani.
 
"Kami sangat senang dengan pertumbuhan program MMI saat ini, dan kami berharap dapat terus memungkinkan usaha mikro dan kecil mengatasi berbagai tantangan, dan mempercepat pemulihan usai covid-19 secara berkelanjutan," pungkas Ade Soekadis.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif