Asuransi Jiwa. Foto: Medcom.id.
Asuransi Jiwa. Foto: Medcom.id.

Cara Perusahaan Asuransi Menarik Minat Generasi Milenial

Arif Wicaksono • 21 Mei 2024 20:29
Bandung: Tingkat kesadaran masyarakat terutama milenial untuk produk asuransi berhadapan dengan penetrasi asuransi di Indonesia yang masih rendah serta minimnya anggaran.
 
baca juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Memilih Perusahaan Asuransi

Berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), tingkat penetrasi asuransi di Indonesia pada 2021 masih rendah dan baru mencapai 3,18 persen, yang terdiri dari penetrasi asuransi sosial 1,45 persen, asuransi jiwa 1,19 persen, asuransi umum 0,47 persen, dan sisanya asuransi wajib.
 
Di sisi lain, survei Indonesia Millennial Report 2024 mengungkap bahwa satu dari dua orang milenial menanggung biaya hidup orang tua dan keluarga mereka sendiri, sehingga mayoritas (45 persen) hanya mengalokasikan 10 persen pendapatan untuk premi, dan 18 persen lainnya bahkan tidak memiliki dana untuk proteksi.
 
Chief Partnership Distribution Officer MSIG Life Inasari Atmodjo menjelaskan generasi milenial sadar pentingnya asuransi jiwa namun terkendala finansial.

"Merespons kondisi tersebut,MSIG Life menghadirkan solusi perlindungan jiwa yang terjangkau dengan beragam manfaat ekstra. Mulai dari masa perlindungan hingga 12 tahun sementara masa pembayaran hanya enam tahun," tegas dia dalam keteranganya, Selasa, 21 Mei 2024.
 
Dia mengatakan produk asuransi jiwa itu juga memberikan manfaat pengembalian premi 100 persen dengan bonus hingga 12 persen di tahun ke-8, jika tidak terjadi risiko serta memenuhi ketentuan di polis.
 
"Nasabah dapat memilih metode pembayaran premi baik secara bulanan, kuartalan, semesteran ataupun tahunan," tegas dia.
 
PT MSIG Life Indonesia Tbk (MSIG Life) atau dahulu dikenal sebagai Sinarmas MSIG Life bersama PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) untuk memasarkan. produk ini melalui dua jalur distribusi sekaligus yaitu bancassurance inbranch dan telemarketing.

Gunakan berbagai jalur distribusi

Dia mengatakan beragam solusi perlindungan finansial yang inovatif, MSIG Life juga berinovasi menghadirkan beragam dukungan bagi masyarakat Indonesia dan nasabah. Mulai dari aplikasi mobile MyFit+ by MSIG Life untuk membantu penggunanya hidup lebih sehat, hingga aplikasi mobile VEGA by MSIG Life untuk memudahkan nasabah mengakses beragam layanan polis, termasuk salah satunya proses klaim.
 
“MSIG Life dan bank bjb terus memperkuat sinergi. Upaya tersebut sebagai wujud komitmen bersama agar terus menjadi mitra finansial yang diandalkan Masyarakat Indonesia sehingga mereka dapat menjalani hidup sepenuhnya dengan penuh makna.” tutup Inasar
 
Pemimpin Divisi Dana & Jasa Konsumer bank bjb Edy Kurniawan Saputra menyampaikan MSIG Life dan bank bjb terus bersinergi dan berkomitmen menghadirkan inovasi solusi finansial di berbagai jalur distribusi.
 
"Baik in-branch maupun telemarketing, untuk melayani beragam profil dan kebutuhan nasabah bank bjb," jelas dia.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(SAW)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan